Ilustrasi. (FOTO: dok MI)
Ilustrasi. (FOTO: dok MI)

BI: Rp187,2 Triliun Uang Tunai Sudah Ditukar

Ekonomi bank indonesia penukaran uang
Ilham wibowo • 31 Mei 2019 16:16
Jakarta: Bank Indonesia (BI) mencatat uang pecahan baru telah ditukar masyarakat mencapai Rp187,2 triliun hingga Jumat, 31 Mei 2019. Jumlah tersebut dialokasikan untuk kebutuhan selama Ramadan dan menjelang Lebaran.
 
Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan realisasi kebutuhan uang tunai tersebut sudah mencapai 86 persen dari total dana yang dipersiapkan. Masyarakat pun sudah bisa menikmati fasilitas penukaran uang resmi yang disediakan di 2.900 titik di seluruh wilayah NKRI termasuk di daerah terdepan, terluar, dan terpencil terhitung mulai dari 13 Mei.
 
"Sampai 31 Mei 2019, realisasinya sudah Rp187,2 triliun. Berarti sudah 86 persen dari perkiraan kami selama bulan Ramadan," kata Perry ditemui di kompleks perkantoran BI, Jakarta Pusat, Jumat, 31 Mei 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Perry menyampaikan bank sentral telah memperkirakan kebutuhan uang tunai untuk Lebaran 2019 mencapai Rp217,1 triliun. Kebutuhan terbanyak tercatat berada di Pulau Jawa selain Jakarta dengan total Rp69,4 triliun. Wilayah DKI Jakarta sendiri menempati posisi terbanyak kedua dengan Rp46,8 triliun, diikuti Sumatera Rp34,1 triliun, dan kawasan Indonesia bagian Timur sebesar Rp27,9 triliun.
 
Realisasi kebutuhan Lebaran dipastikan masih akan terus berlanjut. BI masih menyediakan layanan penukaran uang receh di beberapa titik akses pemudik hingga 2 Juni 2019.
 
"BI masih akan menyediakan konter-konter maupun pelayanan di berbagai jalan tol di wilayah Jawa, termasuk di Pelabuhan Merak sampai 2 Juni. Kami harap masyarakat bisa lancar menjalankan hari raya keagamaan Idulfitri," ujarnya.
 
Lebih lanjut, pencapaian realisasi saat ini berkat sinergi kinerja perbankan di seluruh Indonesia. Mereka siap sedia memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat pada Ramadan tahun ini.
 
"Kami berterima kasih kepada kawan-kawan perbankan, baik di Jakarta, Jawa, dan seluruh Indonesia untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat sehingga kebutuhan uang selama Ramadan berjalan lancar termasuk di konter penukarannya," pungkasnya.
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif