Anggota Komisi X DPR RI Ledia Hanifah Amalia (Foto:Dok.DPR RI)
Anggota Komisi X DPR RI Ledia Hanifah Amalia (Foto:Dok.DPR RI)

RUU Ekraf Harus Memuat Definisi Produk Ekonomi Kreatif

Ekonomi berita dpr
Anggi Tondi Martaon • 23 Agustus 2019 13:09
Jakarta: Anggota Komisi X DPR RI Ledia Hanifah Amalia memaparkan berbagai permasalahan yang harus dirumuskan secara komprehensif dalam Rancangan Undang-Undang Ekonomi Kreatif (RUU Ekraf). Salah satunya, terkait definisi produk ekonomi kreatif.
 
Ledia menegaskan agar definisi produk ekonomi kreatif diperjelas. Hal itu perlu untuk menghindari multitafsir saat mengimplementasikan undang-undang (UU).
 
"Misalnya, ini masuk kreatif atau enggak? Hal seperti ini bisa jadi fatal. Karena tipis bedanya antara ekraf dengan UMKM yang bergerak di sektor yang sama,” kata Ledia, dikutip dpr.go.id, Jumat, 23 Agustus 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Setelah dirumuskan dengan baik, politikus PKS pun meminta agar dapat disosialisasikan dengan baik kepada pemerintah daerah. “Kalau tidak, nanti akan kesulitan saat implementasi karena bergantung pada persepsi masing-masing pemerintah daerah," ujarnya.
 
Selain itu, permasalahan lain yang disoroti yaitu terkait pendanaan. Ledia menyebutkan, saat ini masyarakat masih banyak terjebak dalam sistem permodalan perbankan.
 
“Ada masukan bagaimana dengan bantuan permodalan yang tidak menggunakan jaminan. Misalnya, dalam bantuan permodalan syariah. Ini belum masuk. Nah, ini kita harus dipikirkan lebih dalam," ucapnya.
 
Politikus dapil Jawa Barat I ini juga menyoal tentang pendidikan kreatif. Dia menilai, pendidikan kreatif saat ini tidak terintegrasi dengan baik. Kondisi tersebut mengakibatkan banyak pelaku ekonomi kreatif berkiblat ke luar negeri.
 
"Kita punya problem dengan pendidikan dasar, tapi bagi mereka yang sudah mulai berkembang dengan pembangunan kreativitas, mereka juga sudah mulai menyiapkan pelayanan lebih banyak lagi," ujarnya.
 

(ROS)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif