Ilustrasi bandara. (FOTO: MI/Panca Syurkani)
Ilustrasi bandara. (FOTO: MI/Panca Syurkani)

Cara Maskapai Atasi Calo Tiket Murah

Ekonomi bisnis maskapai Tarif Tiket Pesawat
Desi Angriani • 12 Juli 2019 19:41
Jakarta: Maskapai berbiaya murah atau low cost carrier (LCC) mulai mengantisipasi calo yang memborong tiket pesawat dengan potongan harga 50 persen. Penjual tiket tidak resmi ini diduga menjadi penyebab ludesnya tiket pesawat murah yang diluncurkan kemarin.
 
Sekretaris Kementerian Koordinator bidang Perekonomian Susiwijono mengatakan Citilink menerapkan pola sub kelas dengan menempatkan kode khusus bagi tiket murah, yakni BCLN.
 
Kode tersebut memungkinkan penumpang tercepat mendapatkan potongan harga hingga alokasi kursi terpenuhi. Namun sub kelas ini akan dikenakan biaya lebih mahal untuk reschedule dan ganti nama demi mencegah penyalahgunaan pemesanan tiket murah.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Untuk menghindari penyalahgunaan, subclass BCLN ini akan dikenakan biaya yang lebih mahal untuk reschedule atau ganti nama," katanya dalam sebuah jumpa pers di Kementerian Koordinator bidang Perekonomian, Jakarta, Jumat, 12 Juli 2019.
 
Sementara itu, maskapai Lion Air belum memiliki sistem reservasi tiket murah sehingga diskon tiket 50 persen itu secara penuh belum bisa diterapkan di 146 penerbangan.
 
Meski begitu, maskapai sepakat untuk tidak memberlakukan refund terhadap penjualan tiket berdiskon. Hal ini demi memastikan ketersediaan tiket pesawat ekonomis bagi masyarakat yang membutuhkan.
 
"Dan juga tetap no refund," tambah dia.
 
Susiwijono pun mengusulkan agar maskapai menerapkan sistem serupa kereta api agar penumpang dapat mengetahui jumlah kursi yang masih tersedia untuk penerbangan murah.
 
"Saya ingin template-nya kayak kereta sudah tinggal berapa persen atau berapa seat. Kan enak penumpang bisa tahu," pungkasnya.
 
Adapun per Kamis, 11 Juli 2019, tarif tiket pesawat domestik ke sejumlah rute populer terpantau turun khusus penerbangan Selasa, Kamis, dan Sabtu pukul 10.00 sampai 14.00 WIB.
 
Penerbangan menggunakan maskapai Citilink dari Jakarta menuju Surabaya pada Sabtu 27 Juli, dan Selasa 31 Juli dipatok Rp615 ribu. Harga tersebut turun sebesar Rp352 ribu dari sebelumnya sebesar Rp967 ribu.
 
Begitu pula dengan maskapai Lion Air dengan rute dan keberangkatan sama, mematok harga tiket di angka Rp711 ribu atau turun 30 persen.
 
Untuk rute Jakarta menuju Denpasar dengan Citilink juga terpantau turun menjadi Rp715.577 dari sebelumnya Rp1,2 juta. Pun Lion Air menurunkan harga tiketnya menjadi Rp842 ribu dari sebelumnnya Rp1,1 juta.
 
Selanjutnya untuk penerbangan Jakarta-Yogyakarta pada jam terbang yang sama dijual Rp423 ribu menggunakan Citilink dan Lion Air Rp536 ribu dari sebelumnya Rp712 ribu.
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif