Calon tunggal Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia (BI) Destry Damayanti. Mi/Panca S.
Calon tunggal Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia (BI) Destry Damayanti. Mi/Panca S.

Calon Deputi Gubernur Senior BI Jalani Tes di DPR

Ekonomi deputi gubernur bi
Ilham wibowo • 01 Juli 2019 15:48
Jakarta: Calon tunggal Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia (BI) Destry Damayanti menjalani uji kelayakan atau fit and proper test oleh Komisi XI DPR RI. Tes bersama perwakilan rakyat ini merupakan tahap akhir sebelum resmi menjalankan jabatan baru.
 
Dari pantauan Medcom.id, uji kelayakan Destry dilakukan di Gedung Nusantara I, pukul 14.30 WIB, Senin, 1 Juli 2019. Ia akan diminta untuk memaparkan pandangan dari perkembangan BI secara detail selama dua jam yang bisa disaksikan secara terbuka.
 
Destry sebelumnya diajukan Presiden Joko Widodo menggantikan Mirza Adityaswara yang masa jabatannya akan habis Juli mendatang. Dirinya menjadi calon tunggal yang diajukan Presiden Jokowi.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dirinya mengaku persiapan khusus dilakukan dengan memperdalam materi jelang menghadapi fit and proper test. Namun, dirinya tak khawatir akan menghadapi kendala karena memiliki latar belakang sebagai bankir.
 
"Pengalaman saya berkarya di sektor pemerintah, swasta, BUMN dan juga akademisi serta regulator selama 28 tahun ini tentu modal bagi saya untuk bekerja maksimal di BI. Saya akan junjung tinggi amanah, dan menjaga integritas demi sumbangsih kepada negara tercinta," kata Destry di ruang rapat Komisi XI, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin, 1 Juli 2019.
 
"Persiapan khusus ya ada lah, harus banyak-banyak baca lagi, harus banyak ngobrol dengan teman-teman lagi. Ya untungnya dulu kerja di bank juga, terus yang dimonitor juga terkait dengan perbankan, paling tidak ada background-nya," tambah dia.
 
Destry menilai BI saat ini memiliki banyak instrumen baru yang dihadirkan untuk memastikan likuiditas bagi bank. Hanya saja Destry tak mau membeberkan apa kebijakan yang akan diambil jika terpilih sebagai Deputi Gubernur Senior BI.
 
Saat ini Destry masih menjabat sebagai Anggota Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Alumni Universitas Indonesia (UI) ini juga pernah menjadi Kepala Ekonom PT Mandiri Sekuritas pada 2005-2011.
 
Selain itu, Destry juga pernah memimpin Panitia Seleksi Pimpinan KPK. Dirinya juga menjabat sebagai Ketua Satuan Tugas Ekonomi Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sejak 2014-2015.

 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif