Tren Perekonomian Asia Diprediksi Berubah di 2030
CEO DBS Piyush Gupta dalam DBS Asian Insights Conference 2018. (Foto: dokumentasi DBS)
Singapura: DBS Bank memperkirakan dalam beberapa tahun ke depan akan terjadi perubahan untuk tren perekonomian di Asia. Berbagai perkembangan yang terjadi membuat prediksi yang sebelumnya ada, harus ditinjau ulang karena pada 2030, kondisi Asia tidak akan lagi sama.

CEO DBS Piyush Gupta mengatakan, akan terjadi perubahan struktural utama di dunia. Kondisi ekonomi juga akan berubah secara signifikan seiring dengan berbagai perkembangan seperti meningkatnya populasi hingga teknologi yang semakin canggih.

"Di samping tren seperti populasi yang menua dan otomatisasi yang sedang tumbuh. Anda harus berpikir tentang kesejahteraan dengan cara yang sangat berbeda," kata Piyush dalam DBS Asian Insights Conference, di Marina Bay Sands Convention, Singapura, Jumat 13 Juli 2018.

Dirinya menambahkan, alokasi sumber daya, tujuan sosial dan platform sosial akan berubah secara radikal. Oleh karenanya, harus ada persiapan yang lebih matang guna menghadapi berbagai perubahan tersebut, di samping menghindari ketidakadilan.

"Selama lima hingga tujuh tahun terakhir, banyak penggerak terbesar dari tanda-tanda kesukuan, nasionalisme, proteksionisme memang merupakan pertanyaan besar mengenai distribusi hasil globalisasi yang tidak adil, hasil dari teknologi," jelas dia.

Selain itu, perkembangan lainnya adalah isu-isu global lain termasuk tekanan perubahan iklim, serta pergeseran kekuatan ekonomi ke arah timur. Perkembangan Tiongkok yang begitu luar biasa membuat ekonomi Asia bisa tumbuh di luar perkiraan.

"Peran Tiongkok yang semakin meningkat di panggung dunia, baik dalam hal ekonomi dan geopolitik. Saya harus mengakui, tidak selalu jelas bahwa Anda dapat memanggil masa depan. Tetapi jelas bahwa Anda harus memiliki sudut pandang," pungkasnya.

 



(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id