Ilustrasi - - Foto: Istimewa
Ilustrasi - - Foto: Istimewa

Industri Perkapalan Punya Peran Vital Bagi Perekonomian

Ekonomi kementerian perindustrian
Nia Deviyana • 07 Februari 2020 16:05
Makassar: Pemerintah menempatkan sektor maritim sebagai salah satu sektor prioritas dalam pembangunan nasional. Hal ini berdampak positif terhadap upaya peningkatan daya saing industri perkapalan atau galangan kapal di Indonesia.
 
"Industri perkapalan atau galangan kapal merupakan sektor yang strategis dan mempunyai peran vital bagi roda perekonomian nasional,” kata Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI) Kementerian Perindustrian, Eko S.A. Cahyanto di Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat, 7 Februari 2020.
 
Eko mengungkapkan PT. Afta Tehnik Mandiri mendapat apresiasi dari Kementerian Perindustrian lantaran mampu memenuhi kebutuhan armada kapal yang berkualitas bagi kelancaran angkutan penumpang maupun distribusi logistik dalam negeri.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Perusahaan yang bergerak di bidang perkapalan ini turut mendukung program tol laut yang dicanangkan pemerintah termasuk mendorong terciptanya lapangan kerja serta menumbuhkan kekuatan dalam pengembangan industri perkapalan nasional.
 
"Ini salah satu kapal yang dibuat oleh para tenaga kerja lokal. Jadi, merupakan sebuah karya anak bangsa," ungkap Kepala BPSDMI.
 
Penyelesaian KMP New Rose memakan waktu sekitar 1,5 tahun dengan melibatkan 40 pekerja. KMP New Rose didesain dan dibangun untuk menyempurnakan kebutuhan di armada sebelumnya.
 
"Di kapal baru ini sudah dilengkapi teknologi baru guna memenuhi solusi dari kekurangan yang ada di kapal lainnya, yang sebelumnya diimpor dari Jepang. Saat ini lebih mudah melakukan manuver, yang teknologinya sebagian dibuat di dalam negeri,” terangnya.
 
Bahkan, mayoritas bahan baku atau komponen yang diserap KMP New Rose berasal dari industri dalam negeri, seperti penggunaan baja hasil produksi PT Krakatau Steel (Persero) Tbk. “Jadi, tingkat kandungan dalam negerinya cukup tinggi, yang didukung oleh industri komponen tier 2 dan tier 3,” imbuh dia.
 
Kemenperin pun mendorong peningkatan kompetensi SDM di sektor tersebut guna lebih meningkatkan daya saing industri perkapalan nasional. "Kami memfasilitasi pemberian pelatihan dan sertifikasinya untuk meningkatkan kemampuan mereka, sehingga kapasitas industrinya ikut terdongkrak sekaligus dapat memacu perekonomian setempat hingga nasional," pungkasnya.
 

(Des)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif