Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti. (Foto: MI/Susanto).
Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti. (Foto: MI/Susanto).

Menko Luhut Minta Susi Punya Inovasi Berantas Pencurian Ikan

Ekonomi illegal fishing pencurian ikan
Husen Miftahudin • 09 Mei 2019 14:45
Jakarta: Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mendukung penuh langkah yang diambil Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti dalam melakukan peledakan dan menenggelamkan kapal asing yang melakukan aktivitas penangkapan ikan secara ilegal atau illegal fishing di wilayah perairan Indonesia.
 
Namun demikian Luhut menyebut kebijakan itu tak bisa selamanya diterapkan. Meski terbukti efektif mengurangi jumlah kapal asing yang melakukan pencurian ikan di wilayah NKRI, namun upaya tersebut dinilai tidak membuat jera pelanggar.
 
"Memang apa yang dibuat Bu Susi itu bagus, kita tenggelamkan, harus ada shock therapy itu. Tapi jangan sepanjang masa (melakukan) shock terapy, capek juga, orang jadinya bosan," ujar Luhut dalam acara Forum Perencanaan Musrenbangnas 2019 di Hotel Shangri-La, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat, Kamis, 9 Mei 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sementara di lain hal, Luhut juga meminta Susi untuk membuat pengembangan kebijakan terhadap peningkatan budidaya ikan. Langkah itu diyakini mampu meningkatkan jumlah ketersediaan ikan di wilayah laut NKRI.
 
"Karena kan di undang-undang itu sudah dibuat bahwa harus bikin penangkaran ikan, kita kembangkan juga. Kan banyak sekali tempat itu seperti di Natuna," ungkap dia.
 
Luhut pun menegaskan inovasi kebijakan di bidang kelautan penting dilakukan untuk meningkatkan ketersediaan ikan. Di samping itu, inovasi kebijakan juga penting sebagai efek jera bagi kapal asing yang melakukan pencurian ikan di wilayah perairan Indonesia.
 
"Kita marah-marah orang kapal asing datang ke kita, loh kapal kita enggak ada di sana. Jadi masalah-masalah semacam ini di kelautan dan maritim kita itu besar, kita harus buat kebijakan baru," pungkas Luhut.
 

(AHL)
MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif