Ilustrasi (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)
Ilustrasi (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)

2016, WTON Bidik Pembangunan Pondasi Kereta Cepat Capai 15%

Husen Miftahudin • 30 Maret 2016 19:09
medcom.id, Jakarta: PT Wijaya Karya Beton Tbk (WTON) terlibat dalam proyek pembangunan kereta cepat atau High Speed Railway (HSR). Dalam hal ini, WTON menggarap jalur layang kereta cepat (elevated).
 
Direktur Keuangan WIKA Beton Entus Asnawi mengharapkan pihaknya mampu menyelesaikan pengerjaan pondasi kereta cepat sekitar 10 hingga 15 persen. Saat ini, WIKA Beton masih melakukan kajian dalam proses desain.
 
"HSR kalau liat jadwal diperkirakan tahun ini akan diawali dengan pekerjaan tanah baru pengerjaan pondasi. Diperkirakan kalau sesuai waktu pengerjaan pondasi sekitar 10-15 persen," ujar Entus, dalam konferensi pers usai RUPST, di Gedung WIKA, Jalan DI Pandjaitan Kav 9, Jakarta Timur, Rabu (30/3/2016).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sementara itu, Direktur Operasional Ferry Hendriyanto menegaskan bahwa pihaknya saat ini tengah fokus mengerjakan pondasi kereta cepat. "Mungkin tahun ini kita akan mulai dengan pondasi dulu. Kontrak besar HSR box jalan. Tahun ini fokus ke pondasi," tutur dia.
 
Dalam kesempatan yang sama, Direktur Utama WIKA Beton Wilfred A Singkali mengungkapkan, 50 persen dari proyek kereta cepat sepanjang 142 kilometer ini merupakan elevated. Pihaknya akan menyiapkan 3-4 Casting Yard yang berdekatan dengan lokasi pembangunan untuk mengangkut barang seberat 1.000 ton.
 
"Karena kalau diangkut dari pabrik, kita tidak punya transportasinya. Selain itu, jalurnya pun tidak ada yang bisa menopang. Sehingga kita akan bangun di pinggir jalan," tutup Wilfred.
 
(ABD)


LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif