Pindad Luncurkan Mesin Pengemas Otomatis Minyak Goreng

Ilham wibowo 15 September 2018 17:27 WIB
pindad
Pindad Luncurkan Mesin Pengemas Otomatis  Minyak Goreng
Tampilan mesin AMH-o. Medcom.id/ Ilham Wibowo
Bandung: PT Pindad (Persero) bersama PT Rekayasa Engineering (RE) meluncurkan produk teranyar berupa mesin pengemas atau filling machine Anjungan Minyak Goreng Hygienist Otomatis (AMH-o). Kehadiran mesin ini diharapkan dapat digunakan dalam distribusi minyak goreng curah di masyarakat. 

Direktur Utama Pindad Abraham Mose mengatakan mesin ini dirancang untuk mengemas minyak goreng secara higienis dalam kemasan sederhana. Mesin itu juga akan mereduksi pemakaian kantong plastik dan mampu meningkatkan margin di tingkat pedagang eceran.

"Material mesin ini sudah food grade standar," kata Abraham di Kantor Pusat PT Pindad, Bandung, Jawa Barat, Sabtu, 15 September 2018. 

Kehadiran mesin ini sebagai upaya pemerintah dalam menghasilkan minyak higienis dengan harga yang terjangkau bagi masyarakat. Pengemasan yang efektif dan efisien diharapkan mampu menekan biaya produksi minyak goreng. Dengan demikian harga jual di sisi hulu dapat ditekan sehingga pedagang eceran juga bisa mendapatan keuntungan yang sesuai.

"AMH-o dibuat dalam rangka memenuhi Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 9 Tahun 2016 yang mewajibkan peredaran minyak goreng curah diubah menjadi kantong kemasan sederhana. Sistem kerja AMH-o adalah menyalurkan minyak goreng dalam jerigen ukuran 18 atau 25 liter ke kantong kemasan dalam beberapa takaran mulai dari 250, 500 sampai 1.000 mililiter," ujar Abraham . 

Konsep desain awal AMH-o dibuat oleh RE dan disempurnakan Pindad dengan berpengalaman dalam membuat peralatan non militer melalui Direktorat Bisnis Industrial. Kehadiran mesin ini juga sebagai bentuk implementasi kebijakan Kementerian Perdagangan yang menganjurkan kepada para produsen minyak goreng untuk menyisihkan sekitar 20 persen dari total produksi untuk dijual dalam kemasan sederhana dengan harga Rp11.000 per liter.

"Ini merupakan tonggak sejarah untuk bisa menghasilkan produk yang bisa membantu Pemerintah bagaimana membuat anjungan minyak higienis dan banyak benefitnya terUtama untuk masyarakat. Ini merupakan kerja sama yang baik,” ucap dia. 

Pengoperasian AMH-o dikendalikan oleh sebuah microcomputer guna memastikan akurasi pengukuran. Microcomputer yang tertanam pada AMH-o merupakan sebuah papan layar elektronik yang dilengkapi beberapa tombol yang mudah untuk dioperasikan (user friendly). Selain itu, AMH-o juga dilengkapi dengan modul GPS yang dapat membantu produsen minyak goreng untuk memonitor lokasi unit AMH-o dan volume penjualan minyak goreng, baik secara harian, mingguan atau bulanan. 



(SCI)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id