Anggaran THR PNS dan Pensiunan Rp17,8 Triliun
Illustrasi. ANT/AKBAR NUGROHO GUMAY.
Jakarta: Pemerintah mengalokasikan Rp17,88 triliun dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2018 untuk pembayaran tunjangan hari raya (THR) alias gaji ke-14. THR untuk aparatur sipil negara (ASN), tentara, polisi, dan pensiunan.

Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi Kemenkeu Nufransa Wira Sakti mengatakan alokasi tersebut ditetapkan melalui pembahasan dan persetujuan DPR sejalan dengan kebijakan di bidang kepegawaian. 

Anggaran tersebut mengalami peningkatan dibanding tahun lalu. Namun, dipastikan tidak akan membahayakan APBN. "Kinerja pelaksanaan APBN 2018 dipastikan tetap aman dan terjaga," kata Frans dalam keterangan resmi di Jakarta, Selasa, 23 Mei 2018.

Besaran tersebut terdiri dari komposisi THR gaji Rp5,24 triliun, THR tunjangan kerja Rp5,79 triliun dan THR pensiunan Rp6,85 triliun. Selama ini THR yang diberikan hanya sebesar gaji pokok.

Untuk tahun ini, besarannya ditambah dengan tunjangan kerja. Serta, untuk pertama kali bagi pensiunan, tahun ini mereka mendapatkan THR.

Adapun para satuan kerja (satker) di masing-masing kementerian dan lembaga (K/L) sudah bisa mengajukan permintaan pembayaran THR ke Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) pada akhir bulan Mei 2018.

"Diharapkan seluruh pembayaran THR tahun 2018 dapat selesal dilaksanakan pada awal Juni ,sebelum Hari Raya Idulfitri," jelas Frans.






(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id