NEWSTICKER
Nasabah Usul Pemerintah Terbitkan Surat Utang untuk Jiwasraya. Foto: Medcom.id/Eko Nordiansyah
Nasabah Usul Pemerintah Terbitkan Surat Utang untuk Jiwasraya. Foto: Medcom.id/Eko Nordiansyah

Nasabah Usul Pemerintah Terbitkan Surat Utang untuk Jiwasraya

Ekonomi kementerian bumn Jiwasraya
Eko Nordiansyah • 12 Februari 2020 15:25
Jakarta: Nasabah PT Asuransi Jiwasraya (Persero) mengusulkan kepada pemerintah untuk menerbitkan surat utang (bonds) untuk mengembalikan dana nasabah. Usulan ini disampaikan nasabah gagal bayar Jiwasraya dalam pertemuan tertutup dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).
 
"Kami saran minta dibuatkan bonds (dari) pemerintah. Hasilnya buat bayar, itu usul kami yang katanya dicatat akan dilaporkan," kata salah seorang nasabah Machril di Gedung OJK, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Rabu, 12 Februari 2020.
 
Dirinya menambahkan, langkah ini bisa menjadi opsi selain skema yang disiapkan Kementerian BUMN dalam upaya menyehatkan Jiwasraya. Para nasabah menuntut agar progress dari pelaksanaan skema pengembalian nasabah bisa dilakukan secara terbuka.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Pak Erick kemarin di panja ada tiga opsi, yang sebetulnya kami inginkan tiga opsi dan pembayaran akhir Maret kata Pak Erick. Apakah OJK bisa cerita kepada kami? Sudah sampai mana progress yang tiga opsi itu? Karena ini sebentar lagi Maret," ungkapnya.
 
Penyelesaian kasus Jiwasraya sendiri akan dilakukan dengan kerja sama anak usaha PT Jiwasraya Putra bersama sejumlah BUMN, holding asuransi BUMN, serta skema finansial reasuransi. Langkah ini diharapkan bisa menutup kewajiban Jiwasraya kepada pemegang polis.
 
Machril berharap OJK selaku regulator di industri jasa keuangan bisa benar-benar menjalankan tugasnya. Para nasabah yang telah mengalami gagal bayar sejak 2018 ini hanya meminta uang yang diinvestasikan di Jiwasraya bisa segera dikembalikan.
 
"Tolong OJK dengan tag-nya mengatur mengawasi melindungi. Tolong difungsikan dengan betul-betul, dia melindungi kami ke sini. Kalau tidak ada kepastian juga fungsinya apa," tegas dia.
 

(DEV)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif