Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir. Foto : MI/Ramdani.
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir. Foto : MI/Ramdani.

Erick Thohir Lakukan Penyegaran di Tubuh BUMN

Ekonomi Pergantian Direksi BUMN
Suci Sedya Utami • 18 November 2019 20:08
Jakarta: Menjelang satu bulan pascadilantik sebagai Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir mulai melakukan penyegaran di institusi itu. Erick merombak seluruh jajaran eselon I di Kementerian BUMN.
 
Melalui Staf Khususnya Arya Sinulingga, Erick mengatakan perombakan tersebut dilakukan untuk mengefektifkan peran para deputi yang selama ini mengawasi kinerja perusahaan pelat merah untuk menjadi eksekutor di perusahaan BUMN.
 
Perombakan tersebut dilakukan tanpa memberhentikan karier mereka di BUMN, namun memindahkan ke posisi dan jabatan yang lain. Ketujuh orang yang menjabat eselon I dipastikan akan mendapatkan posisi baru di sejumlah perusahaan BUMN.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Mereka sudah lama di sini, butuh penyegaran. Selama ini mereka sudah memandu BUMN, sekarang mereka akan langsung terlibat di BUMN," kata Arya di Kementerian BUMN, Jakarta Pusat, Senin, 18 November 2019.
 
Arya mengatakan perombakan tersebut dilakukan juga untuk memperbaiki struktur birokrasi di BUMN. Apalagi setelah adanya posisi dua wakil menteri yang membantu tugas Erick. Maka kewenangan antara wakil menteri, sekretaris kementerian dan deputi pun akan diatur ulang dalam struktur teranyar. Nantinya hal tersebut akan diatur dalam peraturan presiden (perpres).
 
Arya bilang surat keputusan terkait penghentian dari jabatan eselon I akan mulai dijalankan sejak Selasa, 19 November 2019. Nantinya kekosongan jabatan akan diisi oleh pelaksana tugas (Plt) terlebih dahulu sembari menunggu sosok definitif.
 
"Tugas deputi sementara akan dilakukan Plt dari asisten deputi masing-masing," jelas Arya.
 
Adapun informasi yang beredar, Imam Apriyanto yang sebelumnya menjabat Sekretaris Kementerian BUMN akan menjabat sebagai Wakil Direktur Utama PIHC (Pupuk Indonesia Holding Company), Gatot Trihargo yang sebelumnya menjabat Deputi Bidang Usaha Jasa Keuangan, Jasa Survei dan Konsultan Kementerian BUMN akan ditempatkan sebagai Wadirut Perum Bulog.
 
Wahyu Kuncoro, Deputi Bidang Usaha Industri Agro dan Farmasi akan ditempatkan sebagai Wadirut PT Pegadaian (Persero), Hambra Samal, Deputi Infrastruktur Bidang Bisnis Kementerian BUMN akan dialokasikan pada posisi Wadirut PT Pelindo II (Persero), Edwin Hidayat Abdullah yang merupakan Deputi Bidang Usaha Energi, Logistik, Kawasan dan Pariwisata akan ditempatkan sebagai Wadirut PT Angkasa Pura II (Persero).
 
Selanjutnya, Fajar Harry Sampurno yang sebelumnya sebagai Deputi Bidang Usaha Pertambangan Industri Strategis dan Media akan menjabat Dirut PT Barata Indonesia (Persero), sedangkan Aloysius Kik Ro yang merupakan Deputi Bidang Restrukturisasi dan Pengembangan Usaha Kementerian BUMN akan menempati posisi Dirut PT Danareksa (Persero).

 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif