Illustrasi. MI/Yusuf.
Illustrasi. MI/Yusuf.

Diskon Tiket Pesawat Beri Peningkatan Okupansi Pesawat

Ekonomi Tarif Tiket Pesawat
Annisa ayu artanti • 11 Juli 2019 19:41
Jakarta: Peneliti dari Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Nailul Huda menilai penurunan harga tiket pesawat di waktu tertentu hanya memberikan efek dalam jangka pendek.
 
"Penurunan harga tiket pesawat yang berlaku hari ini hanya akan memberikan efek sementara atau jangka pendek karena hanya rute, hari, dan jam pemberangkatan tertentu yang diberikan diskon hingga 50 persen," kata Huda kepada Medcom.id, di Jakarta, Kamis, 11 Juli 2019.
 
Huda juga mengatakan aturan hanya akan memberikan peningkatan okupansi pada maskapai. Sementara efek domino seperti industri perhotelan dan pariwisata serta devisa tidak akan terdampak signifikan.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ke pariwisata, perhotelan, dan devisa pun dampaknya tidak akan signifikan karena pengaruh ke nasionalnya kecil. Pengaruhnya akan sangat kecil," sebut dia.
 
Menurutnya, kebijakan yang dikeluarkan pemerintah ini merupakan kebijakan praktis dan hanya bersifat jangka pendek. Pemerintah belum melakukan upaya untuk membuat persaingan lebih sehat.
 
"Tidak ada upaya-upaya untuk perbaikan efisiensi, industri persaingannya, dan regulasi yang masih kurang mendukung persaingan usaha yang sehat. Harusnya pemerintah perbaiki dulu tiga hal itu," tukas dia.

 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif