Direktur Utama SMI Edwin Syahruzad. FOTO: Medcom.id/Nia Deviyana
Direktur Utama SMI Edwin Syahruzad. FOTO: Medcom.id/Nia Deviyana

PT SMI Bukukan Laba Bersih Rp1,46 Triliun

Ekonomi PT SMI
Nia Deviyana • 11 Oktober 2019 07:26
Jakarta: PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) atau SMI membukukan laba bersih sebesar Rp1,46 triliun pada sembilan bulan pertama 2019. Pencapaian tersebut tumbuh sebanyak Rp16,7 persen dibandingkan dengan periode yang sama di 2018 sebesar Rp1,25 triliun.
 
"Perbankan saja tumbuhnya sudah di bawah 10 persen. Ini menunjukkan kinerja PT SMI masih baik karena proyek infrastruktur masih berjalan, masih banyak sektor yang bisa digarap," ujar Direktur Utama SMI Edwin Syahruzad, di Kepulauan Seribu, Kamis malam, 10 Oktober 2019.
 
Edwin menuturkan ada tiga pilar bisnis yang menjadi penopang pertumbuhan laba PT SMI, yakni pembiayaan dan investasi yang menghasilkan komitmen dan outstanding pembiayaan masing-masing senilai Rp98,0 triliun dan Rp58,5 triliun yang mencerminkan pertumbuhan 31,7 persen dan 38,4 persen dibandingkan dengan periode yang sama 2018.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kemudian pilar bisnis jasa konsultasi, proyek yang dikerjakan dari Januari hingga September 2019 sebanyak enam proyek, dengan empat proyeknya merupakan Proyek Strategis Nasional (PSN)
 
"Kemudian pilar bisnis pengembangan proyek yang memiliki jumlah penugasan sampai dengan Agustus 2019 sebanyak sembilan penugasan," jelasnya.
 
Itu sebabnya, lanjut Edwin, liabilitas SMI meningkat sebanyak 50,7 persen menjadi Rp36,5 triliun per September 2019, sedangkan pada periode yang sama tahun sebelumnya tercatat sebesar Rp24,2 triliun.
 
Kendati demikian, liabilitas perusahaan masih ditunjang rasio kredit macet atau Non Performing Loan (NPL) yang relatif rendah yakni 0,6 persen (nett) pada periode Januari-September 2019.
 
"PT SMI akan terus mendorong petumbuhan secara berkelanjutan melalui tiga pilar bisnis yang menghadirkan produk serta layanan inovatif dan kreatif, mendorong percepatan pembangunan infrastruktur dengan manfaat sosial-ekonomi yang nyata bagi masyarakat," pungkasnya.
 

(ABD)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif