Sejumlah alutsista Indonesia dipamerkan di Paviliun Indonesia. (Foto: Medcom.id/Ade HL).
Sejumlah alutsista Indonesia dipamerkan di Paviliun Indonesia. (Foto: Medcom.id/Ade HL).

Alutsista Indonesia "Invasi" IMF-WB

Ekonomi alutsista IMF-World Bank
Ade Hapsari Lestarini • 14 Oktober 2018 15:00
Nusa Dua: Indonesia terbuka akan peluang kerja sama investasi terhadap investor asing. Berbagai proyek infrastruktur pun ditawarkan di sela pertemuan IMF-World Bank 2018 di Nusa Dua, Bali.
 
Alat utama sistem persenjataan (alutsista) Indonesia pun tak mau kalah ikut mejeng di perhelatan internasional tersebut. Tak hanya menarik bagi Indonesia, produksi milik PT Pindad (Persero) itu cukup menarik minat para delegasi asing yang datang.
 
Pantauan Medcom.id, di Paviliun Indonesia, Nusa Dua, Bali, Minggu, 14 Oktober 2018, alutsista yang dipamerkan yakni miniatur medium tank. Alutsista ini merupakan produksi tank pertama Indonesia di bawah perusahaan BUMN Pindad.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kemudian ada military radio communication yang diproduksi oleh PT Len Industri. Lalu ada persenjataan seperti sniper, kapal perang strategic sealift vessel (SSV), serta pesawat NC212i produksi PT Dirgantara Indonesia (Persero).
 
Menurut salah satu Duta BUMN yang berjaga, Gabriella, ketertarikan delegasi asing cukup besar. Bahkan mereka berniat untuk melakukan investasinya. "Banyak yang minat, apalagi dari Afrika," tutur dia kepada Medcom.id.
 
Deputi Restrukturisasi dan Pengembangan Usaha Kementerian BUMN Aloysius K Ro sebelumnya mengatakan Indonesia Pavilion memaparkan peluang investasi senilai USD42,2 miliar.
 
Peluang investasi itu berasal dari 80 proyek yang sedang dikembangkan di Tanah Air dengan anggaran total mencapai USD86,1 miliar. BUMN didorong meningkatkan kapasitas sumber daya dengan mencari sumber pendanaan dari pasar keuangan melalui berbagai inovasi instrumen pembiayaan hingga membangun kemitraan dengan sektor swasta lainnya.
 

(SAW)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif