Illustrasi. MI/RAMDANI.
Illustrasi. MI/RAMDANI.

Tidak Perlu Bawa Tunai untuk Menukar Uang di Monas

Ekonomi bank indonesia monas
Nia Deviyana • 14 Mei 2019 17:00
Jakarta: Pintu Parkir IRTI Monas adalah salah satu dari 241 titik penukaran uang yang dibuka Bank Indonesia sejak 13 Mei sampai dengan 29 Mei 2019. Bagi masyarakat yang ingin menukarkan uang, layanan dibuka mulai pukul 09.00 WIB sampai dengan pukul 14.00 WIB.
 
Demi keamanan, masyarakat yang hendak menukarkan uang tidak perlu membawa tunai karena di setiap loket bank yang bekerja sama dengan BI untuk penukaran telah menyediakan mesin Electronic Data Capture (EDC) dan ATM.
 
"Selain simpel, juga aman daripada bawa tunai. Jadi nasabah cukup bawa ATM aja untuk digesek di mesin EDC atau kalau mau ambil di mesin ATM kita," jelas Yogi, petugas penukaran uang di loket Bank Mandiri, di Pintu Parkir IRTI Monas, Jakarta, Selasa, 14 Mei 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Koordinator lapangan titik penukaran uang Bank Indonesia (BI) di Monas Yuniarwan mengatakan BI menyediakan 17 loket bank pada penukaran uang tahun ini. Adapun setiap orang hanya boleh menukar satu kali dalam tiga hari.
 
"Jadi kalau pagi sudah menukar, lalu siang memasukkan KTP yang sama, nanti di sistem ada pemberitahuan bahwa sudah menukar. Itu enggak bisa, jadi baru bisa menukar lagi tiga hari ke depan," terang Yuniarwan.
 
Lebih lanjut untuk penukaran uang per harinya, BI membatasi Rp3,9 juta per orang. Nasabah bisa menukarkan uang pecahan Rp20 ribu, Rp10 ribu, Rp5 ribu, hingga Rp2 ribu.
 
"Tetapi nasabah tidak bisa memilih maunya Rp5 ribuan semua atau Rp20 ribuan semua. Ada aturannya," kata Yuniarwan.
 
Artinya, jika seseorang ingin menukarkan uang sebanyak Rp3,9 juta, maka penukar akan mendapatkan pecahan Rp20 ribu senilai Rp2 juta, pecahan Rp10 ribu senilai Rp1 juta, pecahan Rp5 ribu senilai Rp500 ribu, dan pecahan Rp2 ribu senilai Rp400 ribu.
 
"Jadi kalau maunya cuma pecahan Rp5 ribuan dan Rp2 ribuan, ya hanya bisa menukar Rp900 ribu," jelasnya.
 
Per harinya, lanjut Yuniarman, BI menyediakan kuota untuk seratus penukar di setiap loket bank di titik penukaran uang Monas. Adapun untuk program ini BI bekerja sama dengan 17 bank.
 
"Jadi kalau ditotal uang yang disiapkan BI per hari itu Rp3,9 juta saja dikalikan 1.700," pungkas Yuniarman.

 

(SAW)
MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif