Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang PS Brodjonegoro (Foto: Bappenas)
Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang PS Brodjonegoro (Foto: Bappenas)

Bappenas: Solusi Subsidi Elpiji Harus Segera Dicari

Ekonomi pertumbuhan ekonomi bappenas elpiji 3 kg ekonomi indonesia
Dheri Agriesta • 11 Desember 2018 07:45
Katowice: Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) menilai subsidi terhadap Liquid Petroleum Gas (LPG) atau elpiji tak bisa dilakukan terus-menerus. Solusi yang lebih ramah lingkungan harus segera dicari untuk menggantikan penggunaan energi yang berasal dari fosil.
 
"Ini menurut saya elpiji harus segera dicarikan solusinya," kata Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang PS Brodjonegoro, di Paviliun Indonesia, Katowice, Polandia, Senin, 10 Desember 2018.
 
Pemerintah masih memberlakukan subsidi terhadap penggunaan elpiji tabung ukuran tiga kilogram. Elpiji hampir digunakan sebagian besar masyarakat untuk kegiatan sehari-hari seperti memasak.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Bambang yakin ada solusi yang lebih ramah lingkungan untuk menggantikan gas ini. Apalagi, masyarakat bisa saja beralih menggunakan kompor listrik.
 
Selain itu, masyarakat bisa menggunakan jaringan gas kota yang mulai dikembangkan di beberapa daerah. Bahkan, masyarakat juga bisa memanfaatkan elpiji yang berasal dari energi terbarukan seperti biomass.
 
"Jadi menurut saya harus ada langkah serius untuk mendisversikasi elpiji," pungkasnya.
 

(ABD)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif