Ilustrasi. (FOTO: MI/Ramdani)
Ilustrasi. (FOTO: MI/Ramdani)

Membidik Penjualan Benih Sayuran via Online

Ekonomi ikan sayuran
Eko Nordiansyah • 08 April 2019 16:34
Jakarta: PT East West Seed Indonesia (Ewindo) menargetkan penjualan sebanyak satu juta kemasan benih sayuran tropis "Cap Panah Merah" selama tiga tahun ke depan. Apalagi setelah Ewindo meluncurkan official store 'Panah Merah Go Online' bekerja sama dengan dua marketplace yaitu Bukalapak dan Shopee.
 
"Penjualan secara online kita targetkan 10 persen dari penjualan tahunan sebanyak 10 juta kemasan. Itu untuk target selama tiga tahun ke depan ya," kata Managing Director Ewindo Glenn Pardede dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Senin, 8 April 2019.
 
Dengan online store resmi, dirinya berharap dapat memberikan kemudahan bagi petani dalam memperoleh benih berkualitas yang dijamin 100 persen keasliannya. Bukan hanya petani, tetapi masyarakat yang gemar bercocok tanam atau aktivis urban farming juga akan dimudahkan.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ini sekaligus mengantisipasi tren penjualan melalui kanal digital yang berkembang. Ada dua program yang kami rilis. Pertama, official store yang kami buka di Bukamall dan Shopeemall. Kedua, Halo Panah Merah, forum sumber informasi pertanian dan konsultasi untuk petani," jelas dia.
 
Di Panah Merah Go Online produk benih yang dipasarkan mulai dari varietas baru hingga varietas unggulan misalnya produk yang mempunyai ketahanan virus lebih kuat seperti timun, melon dan cabai. Kanal online juga berperan sebagai pelengkap, khususnya bagi petani yang dealer ataupun toko pertaniannya jauh dari tempat tinggal.
 
"Untuk segmentasi pasar kanal online ini tidak banyak perubahan atau tetap seperti channel offline yakni segmen petani profesional dan petani urban sebagai target utama. Yang membedakan adalah cara kami meraih mereka. Kami menggunakan social media dan search ads," ungkapnya.
 
Saat ini Ewindo juga memiliki komunitas petani muda yakni 'Petani Muda Panah Merah' yang pada 2019 ditargetkan jumlahnya mencapai 500 petani yang tersebar di seluruh Indonesia. Tahun ini Ewindo telah bermitra dengan 17 ribu petani produksi benih, serta membina lebih dari 10 juta petani komersial.
 
"Melalui penjualan secara online ini kami berharap petani semakin mudah mengakses benih unggul berkualitas. Seperti diketahui, meskipun porsi benih dalam total biaya produksi petani hanya sekitar tiga, penggunaan benih unggul berkualitas ini adalah variabel utama bagi petani untuk meningkatkan produktivitas," tutup Glenn.
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif