Anggota Komisi XI DPR RI Mukhamad Misbakhun--Istimewa
Anggota Komisi XI DPR RI Mukhamad Misbakhun--Istimewa

Masyarakat Berhak Tahu Tugas LPS

Ekonomi lps
K. Yudha Wirakusuma • 16 November 2018 11:02
Jakarta: Masyarakat diminta untuk tak khawatir lagi menabung di bank. Sebab, saat ini sudah ada Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) yang akan menjamin dana nasabah di bank.
 
Anggota Komisi XI DPR Mukhamad Misbakhun menyampaikan hal itu dalam seminar nasional bertema ‘Peran dan Fungsi Lembaga Penjaminan dalam Menjaga Stabilitas Perbankan Indonesia' di Desa Wonosari, Kecamatan Gondangwetan, Pasuruan, Jawa Timur.
 
Legislator Golkar itu mengatakan bank perkreditan rakyat (BPR) pun kini sudah menjadi peserta penjaminan LPS. "Ini pentingnya LPS melakukan langkah sosialisasi di daerah-daerah. LPS yang awalnya hanya menjamin nasabah sebesar Rp 100 juta, sekarang sudah diperbesar sampai Rp2 miliar," kata Misbakhun melalui pesan elektroniknya, Jumat, 16 November 2018.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Misbakhun menambahkan bank, termasuk BPR, yang kinerjanya tak bagus pasti tak akan diizinkan memiliki produk tabungan. Sedangkan bank yang nakal pasti bakal ditindak.
 
Lebih lanjut Misbakhun mengatakan, semua penduduk Indonesia mempunyai hak untuk mengetahui segala hal yang menjadi tugas dan tanggung jawab LPS sesuai amanat undang-undang. Karena itu, sosialisasi tentang LPS harus sampai ke desa-desa.
 
Baca: LPS Turunkan Bunga Penjaminan Simpanan 25 Bps
 
Untuk itu pula Misbakhun sering mengajak mitra kerja Komisi XI DPR seperti LPS, Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), dan Badan Pusat Statistik (BPS) untuk ikut langsung terjun ke masyarakat.
 
"Saya selalu mengajak mitra saya untuk melakukan sosialisasi ke desa-desa agar masyarakat tahu,” tegasnya.
 
Misbakhun menambahkan sosialisasi saat ini makin mudah. Lebih dari 80 persen rakyat Indonesia menikmati internet.
 
Namun, katanya, sosialisasi melalui pertemuan langsung dengan masyarakat akan lebih mengena. Karena itu Misbakhun juga mengajak LPS bertemu konstituennya.
 
"Saya juga merasa berkewajiban untuk menghadirkan LPS di daerah pemilihan saya. Ini sebagai tanggung jawab saya sebagai wakil rakyat di dapil,” tambahnya.
 

(YDH)
MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:25
  • SUBUH04:35
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif