Dapur Teknik Astra Honda Merambah 672 SMK
Direktur Keuangan PT AHM Erik Sadikin. (FOTO: Medcom.id/Ilham Wibowo)
Jakarta: PT Honda Astra Motor (AHM) memastikan untuk terus fokus dalam meningkatkan dunia pendidikan di Tanah Air. Kolaborasi teknik sepeda motor dengan sekolah menengah kejuruan (SMK) dilakukan melalui program vokasi Kementerian Perindustrian (Kemenperin).

"Fokus kami ke dunia pendidikan untuk memperkuat vokasi, kami partipasi aktif bersama SMK dalam menerapkan teknik sepeda motor," ucap Direktur Keuangan PT AHM Erik Sadikin dalam sebuah diskusi di Go Work FX Sudirman, Jakarta, Rabu, 21 November 2018.

Partisipasi pendidikan tinggi yang menunjang pada penguasaan keahlian terapan tertentu ini telah merambah 672 SMK dan 59 tempat uji kompetensi di seluruh Indonesia. Sekolah diberikan kurikulum spesial Astra Honda hingga bantuan materi ajar.

Siswa SMK vokasi Astra Honda juga mendapat kesempatan praktek kerja industri langsung di bengkel resmi AHM. Kontes keterampilan hingga kunjungan ke industri AHM pun diberikan untuk menambah motivasi belajar siswa di dunia otomotif.

"Kami juga berikan training sertifikasi pengajar dan uji kompetensi dengan tools Honda. Kami harapkan SMK ini bisa menghasilkan lulusan yang link and match," paparnya.

Erik mengungkapkan hingga saat ini 75 persen lulusan SMK vokasi Astra Honda langsung terjun ke dunia kerja. Serapan lulusan pun sebagian besar diterima di AHM baik di outlet maupun manufaktur sepeda motor.

Lulusan program ini pun tercatat mampu berwirausaha secara mandiri. Sebanyak 20 persen siswa lulusan tercatat mendirikan bengkel dengan bermitra dengan AHM maupun bengkel umum.

"Lulusan SMK teknik sepeda motor ini bisa langsung bekerja di AHASS atau dealer Honda Astra Motor. Sudah banyak lulusan SMK yang kami serap," tandasnya.

 



(AHL)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id