Menko Perekonomian Darmin Nasution. (FOTO: Medcom.id/Eko Nordiansyah)
Menko Perekonomian Darmin Nasution. (FOTO: Medcom.id/Eko Nordiansyah)

Kemenko Perekonomian Tetapkan Sasaran Kinerja 2019

Ekonomi kementerian perekonomian
Eko Nordiansyah • 22 Januari 2019 11:53
Jakarta: Kementerian Koordinator (Kemenko) Bidang Perekonomian melakukan Penandatanganan Perjanjian Kinerja 2019, Program Manajemen Risiko 2019, dan Sasaran Kerja Pegawai 2019 dengan pegawai eselonnya. Penandatanganan dimaksudkan agar kinerja selama setahun ini bisa terukur.
 
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan penandatanganan dokumen tersebut merupakan suatu agenda yang bukan hanya penting tapi berguna. Apalagi penandatanganan merupakan bagian dari perencanaan yang harus dicapai sepanjang tahun ini.
 
"Sebab setelah penandatanganan, maka kinerja kementerian dan aparaturnya akan diukur dengan kinerja dan capaian selama 2019," kata dia di kantornya, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Selasa, 22 Januari 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain itu, dibutuhkan mitigasi risiko yang bisa menganggu tercapainya target yang sudah ditetapkan. Darmin menambahkan identifikasi berbagai risiko yang bisa muncul akan membantu para pejabat eselon di bawahnya untuk sungguh-sungguh mengejar target yang sudah disepakati pada awal tahun ini.
 
"Pasti diperlukan kerja yang sungguh-sungguh tidak perlu hanya kerja keras, tidak perlu hanya telaten, tidak perlu IQ tinggi yang biasa saja tapi dilakukan dengan sungguh-sungguh, pasti (target) akan bisa dicapai karena tidak pernah kita buat target yang tidak mungkin tercapai," jelas dia.
 
Di sisi lain, Darmin juga menekankan pentingnya kolaborasi antara para pegawai ataupun antar kedeputian. Meskipun memiliki tanggung jawab yang berbeda-beda, namun dirinya meyakini ada satu titik yang mengharuskan jajarannya untuk saling bekerja sama.
 
"Membiasakan kerja sama kolaborasi. Banyak hal yang enggak bisa kita kerjakan sendiri dengan baik. Bukan hanya kita enggak bisa kerja sama tapi ada overlapping dari pekerjaan itu satu sama lain," pungkasnya.
 
Dalam Perjanjian Kinerja 2019, Program Manajemen Risiko 2019, dan Sasaran Kerja Pegawai 2019 terdapat 23 program prioritas dan 42 program reguler. Seluruh program ini terbagi dalam masing-masing kedeputian yang ada di Kemenko Bidang Perekonomian.
 

 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi