Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub Polana B Pramesti. (FOTO: Medcom.id/Ilham Wibowo)
Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub Polana B Pramesti. (FOTO: Medcom.id/Ilham Wibowo)

Penurunan Batas Atas Tiket Pesawat Masih Diupayakan

Ekonomi Tarif Tiket Pesawat
Ilham wibowo • 06 Mei 2019 12:01
Jakarta: Kementerian Perhubungan (Kemenhub) berencana untuk memangkas tarif batas atas tiket pesawat terbang. Usulan ini telah disampaikan dalam rapat koordinasi di Kementerian bidang Perekonomian hari ini.
 
Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub Polana B Pramesti mengatakan usulan itu juga langsung disampaikan kepada Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno serta perwakilan PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. Maskapai saat ini menetapkan harga pada batas atas, sehingga membuat harga tiket pesawat menjadi mahal.
 
"Tadi dibahas masalah ribu-ribut tarif. Nanti kita akan bahas lagi dengan BUMN, dibahas lagi ketentuan-ketentuan, parameter dan asumsinya," kata Polana di kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Senin, 6 Mei 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pihak Kemenhub tidak bisa sendiri menurunkan tarif batas atas pesawat lantaran telah diatur dalam Undang-undang (UU) Nomor 1 tahun 2009 tentang Penerbangan. Rincian penentuan tarif tiket pesawat yang diatur dalam Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Nomor 20 Tahun 2019 tentang Tata Cara dan Formulasi Perhitungan Tarif Batas Atas Penumpang Pelayanan Kelas Ekonomi Angkutan Udara Niaga Berjadwal Dalam Negeri juga dinilai perlu dievaluasi mendalam.
 
"Makanya kita harus bahas karena menurunkan itu tidak sembarang menurunkan, ada parameter dan asumsi yang dibahas bersama BUMN dan stakeholder yang lain," ujarnya.
 
Lebih Lanjut, hasil konsultasi Kemenhub bersamaan Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) dan Ombudsman RI saat ini masih dinantikan. Harga tiket pesawat tetap diupayakan bisa turun sebelum arus mudik Lebaran tahun ini.
 
"Insyaallah menjelang Lebaran, tiket itu mekanisme pasar, pemerintah tidak mengatur harga tiket karena tiket itu sudah diatur dalam undang-undang di tarif batas atas," ungkapnya.
 
Saat ini, KPPU masih melakukan investigasi terhadap kartel tiket pesawat dan kargo udara. Bahkan investigasi dari KPPU diperpanjang selama 30 hari ke depan, karena bukti investigasi yang belum cukup dari KPPU.
 
Terkait mahalnya tiket pesawat, KPPU meminta pemerintah tidak turut mengintervensi harga tiket. KPPU justru mendorong pemerintah tidak terlalu mengintervensi harga karena harga berdasarkan mekanisme pasar.
 
"Pemerintah sebaiknya tidak mengatakan harga harus turun, harus begini, seharusnya begitu karena itu berdasarkan mekanisme pasar," ujar Komisioner KPPU Guntur Saragih di kantornya, Jakarta, Selasa, 23 April 2019.
 

(AHL)
MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif