LRT Jabodebek mulai dikirim ke Jakarta pada Juni 2019. (FOTO: Metro TV/Nurohman)
LRT Jabodebek mulai dikirim ke Jakarta pada Juni 2019. (FOTO: Metro TV/Nurohman)

Pengerjaan Kereta LRT Jabodebek Capai 15%

Ekonomi lrt proyek lrt
Nurohman • 16 Januari 2019 11:08
Madiun: PT Industri Kereta Api (Inka) (Persero) saat ini masih mengerjakan kereta LRT Jakarta, Bogor, Depok, Bekasi (Jabodebek).
 
Berdasarkan data terakhir INKA, perkembangan pengerjaan kereta LRT Jabodebek hingga awal Januari 2019 mencapai 15 persen. Angka ini merupakan total pengerjaan untuk seluruh produksi kereta LRT Jabodebek oleh INKA. LRT Jabodebek yang dikerjakan oleh PT INKA mencapai 186 kereta atau 31 trainset. Satu trainset terdiri dari enam kereta atau gerbong.
 
"Laporan kami sampai dengan akhir pekan kemarin, produksi kereta LRT Jabodebek sudah 15 persen," kata Project Manager LRT Jabodebek Panji Sulaksono di Pabrik Inka Madiun, Jawa Timur, Selasa, 15 Januari 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Panji menjelaskan Inka memulai proses penyiapan sarana kereta LRT Jabodebek sejak 18 Januari 2018. Sejak satu tahun berjalan, Panji mengatakan proses dimulai dari tahap desain, produksi, hingga pengujian rangkaian keteta LRT Jabodebek.
 
Dia mengatakan Inka memiliki target untuk 15 bulan pertama sejak mendapatkan kontrak untuk membuat kereta yang akan diuji statis. "Kami siap untuk empat trainset pertama di Juni tahun ini untuk dikirim. Otomatis di sana (Jakarta) juga harus siap support untuk uji coba," tutur Panji.
 
Setelah target pada Juni 2019 selesai, Panji memastikan Inka harus memiliki progres setiap satu bulan sekali hingga akhir 2019. Dengan begitu akhir tahun ini, Inka harus menyelesaikan semua 31 trainset LRT Jabodebek.
 
Setelah itu, kata dia, proses yang akan dilanjutkan yaitu sinkronisasi sarana dan prasarana LRT Jabodebek menjelang operasional. "Tidak hanya sarana saja namun juga kereta ini bisa dengan prasarana," tutur Panji.
 

 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif