Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Ira Puspadewi. Medcom/Husen M.
Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Ira Puspadewi. Medcom/Husen M.

Pemudik Diimbau Menyeberang Merak saat Pagi hingga Sore

Ekonomi pelabuhan merak
Husen Miftahudin • 09 April 2019 06:52
Cilegon: Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Ira Puspadewi meminta pengguna jasa kapal ferry untuk menyeberang Pelabuhan Merak pada saat pagi hingga sore hari. Berkaca pada tahun-tahun sebelumnya, lonjakan pemudik terjadi pada malam hari.
 
"Sebaiknya menyeberang itu ketika dalam keadaan pagi sampe sore hari. Karena orang kecenderungannya memilih malam sehingga traffic-nya sangat padat. Jadi untuk kenyamanannya, berangkat antara pagi sampe sore hari," ujar Ira di Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten, Senin, 8 April 2019.
 
Ira memastikan semua fasilitas dalam keadaan siap. ASDP akan menambah seribu orang personel keamanan dan kebersihan pada saat arus mudik Lebaran tahun ini.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kita akan tmbah personel keamanan dan kebersihan, kurang lebih seribu personel. Dari biasanya 600-an orang, nanti ditambah seribu orang," tutur dia.
 
Selain itu, pihaknya juga akan menambah fasilitas kamar mandi hingga ambulans. Teranyar, perusahaan pelat merah itu tahun ini akan memaksimalkan layanan eksekutif.
 
"Yang paling beda di tahun ini adalah fasilitas eksekutif di dermaga eksekutif. Layanan ini di tahun-tahun sebelumnya belum ada," ungkap Ira.
 
Sebelumnya, Ira memprediksi jumlah pemudik yang menyeberang dari Pelabuhan Merak ke Bakauheni terjadi lonjakan sekitar 10 persen pada arus mudik Lebaran tahun ini. Lonjakan terjadi akibat beroperasinya jalan Tol Trans Jawa dan Tol Trans Sumatera untuk wilayah bagian selatan.
 
"Efek dari beroperasinya Trans Jawa dan Trans Sumatera Bagian Selatan, kami menduga ada minat yang akan tinggi di antara penumpang pemudik. Kami menduga lonjakan penumpang terjadi kenaikan 10 persen di tahun ini," urainya.
 
Ramalan Ira terhadap lonjakan pemudik Lebaran tahun ini berkaca pada meningkatnya jumlah penumpang kapal via ASDP Merak saat libur Natal dan Tahun Baru 2019. Waktu itu, jelasnya, jumlah penumpang yang menyeberang ke Bakauheni meningkat sebanyak 49,7 persen secara tahun ke tahun alias year on year (yoy).
 
"Tanggal 21 Desember (2018) itu yoy-nya naik 49,7 persen, itu tinggi sekali. Kemudian besoknya, 22 Desember 2018, jumlah penumpang juga masih terjadi kenaikan sebanyak 27 persen," pungkas dia.

 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif