Wakil Presiden Jusuf Kalla. (FOTO: MI/Ramdani)
Wakil Presiden Jusuf Kalla. (FOTO: MI/Ramdani)

Industri 4.0 Harus Dibarengi Revolusi Entrepreneur

Ekonomi revolusi industri Revolusi Industri 4.0
Nia Deviyana • 22 Maret 2019 13:12
Jakarta: Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mengingatkan pentingnya revolusi entrepreneur di era industri 4.0. Sebab, digitalisasi dan otomatisasi berpotensi mengurangi penyerapan tenaga kerja.
 
"Banyak perubahan yang telah terjadi pada revolusi industri 4.0. Itu sebabnya harus dibarengi revolusi entrepreneur supaya bisa membuka lapangan kerja baru," ujarnya saat membuka Talent Fest dan Bursa Kerja Nasional 2019, di JiExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat, 22 Maret 2019.
 
JK juga mengingatkan pentingnya sharing ekonomi di era industri 4.0. Sebab itu, ajang Job Fair jangan hanya dimanfaatkan untuk mencari kerja, tetapi juga memperluas koneksi untuk membentuk lapangan pekerjaan baru.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Jadi talent festival atau job fair bukan hanya untuk mencari kerja, tetapi mencari hubungan kerja," tambahnya.
 
Talent Fest dan Bursa Kerja Nasional 2019 yang dilaksanakan selama dua hari pada 22-23 Maret mengambil tema Connect Your Potentials to The Future Possibilities. Program ini menyediakan 18.148 lowongan kerja meliputi 1.242 jabatan dari 157 perusahaan, dari berbagai sektor. Acara ini gratis bagi para pencari kerja.
 
"Diharapkan melalui program ini, talenta milenial Indonesia dapat menemukan tempatnya dan memaksimalkan potensinya untuk dapat membawa Indonesia ke kancah Internasional," ujar Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri, pada kesempatan yang sama.
 
Acara ini dibagi dalam beberapa kegiatan yakni Bursa Kerja Nasional merupakan pameran yang menghadirkan lowongan pekerjaan di perusahaan dan industri formal. Kemudian Talent Connect yang membuka ekosistem pencari kerja sektor non formal, meliputi Talents Mapping, Human Resource Platform, Softskill Education Platform, Jobseeker Startup dan Business Card Festival.
 
Lali Appreticeship Program, merupakan pameran yang menampilkan program perusahaan yang membuka peluang magang di dalam dan luar negeri.
 
Selain itu, Business Card Festival, merupakan instalasi kartu nama berbagai talenta dengan profesi yang berbeda agar pengunjung dapat saling terkoneksi dan bertukar kartu nama, sehingga melahirkan potensi kolaborasi antar disiplin.
 
Terakhir, program ini juga menghadirkan workshop untuk melatih cara membuat CV yang menarik, desain portofolio, dan skill berbicara dalam wawancara kerja.
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif