Presiden Joko Widodo. Foto: Antara/Wahyu Putro.
Presiden Joko Widodo. Foto: Antara/Wahyu Putro.

Presiden Dorong Hilirisasi Riset dan Inovasi Produk Unggulan Nasional

Ekonomi Hilirisasi Riset Hilirisasi Industri
Nur Azizah • 06 Februari 2020 19:17
Jakarta: Presiden Joko Widodo ingin Indonesia membuat produk unggulan. Misalnya, drone Male Elang Hitam.
 
"Industri nasional kita ternyata telah mampu membuat berbagai produk dengan teknologi unggulan. Semuanya dari dalam negeri di antaranya drone MALE Elang Hitam," ujar Jokowi saat memimpin rapat terbatas mengenai hilirisasi industri produk-produk unggulan di Kantor Presiden, Jakarta, Kamis, 6 Februari 2020.
 
Drone tersebut merupakan hasil kolaborasi antara Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) bersama BUMN, TNI, dan Kementerian Pertahanan. Indonesia juga membuat katalis Merah Putih.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ini bahan konversi CPO (Crude Palm Oil) ke bahan bakar nabati yang dikembangkan ITB dan Pertamina yang juga sudah saya lihat," ucap Jokowi.
 
Mantan Gubernur DKI Jakarta ini menyebut produksi produk-produk unggulan tersebut tidak bisa berdiri dan berjalan sendiri. Nyatanya, pengembangan teknologi memerlukan dukungan pendanaan riset agar menghasilkan kualitas yang unggul.
 
"Hal ini membutuhkan bukan hanya konsolidasi anggaran riset bersumber dari APBN, tapi juga perlu dorongan pendanaan riset dari BUMN maupun sektor swasta," ujar dia.
 
Presiden Dorong Hilirisasi Riset dan Inovasi Produk Unggulan Nasional
Ilustrasi. Foto: Medcom.id/Muhammad Syahrul Ramadhan
 
Jokowi mengatakan pemerintah juga harus memiliki peta jalan yang jelas mengenai tahapan riset hingga produksi massal. Sehingga, tugas pemerintah bukan hanya melakukan hilirisasi industri, tapi juga hilirisasi hasil-hasil riset dan inovasi dalam negeri.
 
"Hasil riset yang dihasilkan di lembaga-lembaga riset dan universitas harus tersambung dengan dunia industri, sehingga bisa diproduksi secara massal dan segera dirasakan manfaatnya secara langsung oleh masyarakat dan dunia usaha," kata dia.
 
Jokowi memerintahkan perbaikan besar-besaran dalam ekosistem hilirisasi hasil riset dan inovasi. Tidak boleh lagi ditemukan adanya hambatan birokrasi terhadap implementasi hasil-hasil riset dan inovasi anak bangsa.
 
"Begitu pula hambatan investasi dalam pengembangan industri produk-produk teknologi unggulan dalam negeri yang harus dipangkas, dibuka lebar, jangan justru dipersulit," tegas dia.
 

 

(AZF)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif