Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman D Hadad mengajak masyarakat menabung. (FOTO: MTVN/Eko Nordiansyah)
Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman D Hadad mengajak masyarakat menabung. (FOTO: MTVN/Eko Nordiansyah)

3,5 Juta Rekening Baru Dibuka Selama Oktober 2016

Ekonomi ojk menabung
Eko Nordiansyah • 31 Oktober 2016 12:36
medcom.id, Jakarta: Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat, selama Oktober 2016 ada 3,5 juta rekening baru yang dibuka oleh masyarakat. Total tersebut meliputi pembukaan rekening di seluruh industri jasa keuangan seperti perbankan, reksa dana, dana pensiun, dan pegadaian.
 
Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman D Hadad mengatakan, selama Oktober ini OJK bersama industri jasa keuangan melaksanakan kegiatan inklusi keuangan. Dengan semboyan Inklusi Keuangan Untuk Semua, OJK melihat adanya minat masyarakat untuk mulai menabung.
 
Baca: OJK: 100 Juta Penduduk Belum Miliki Rekening

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kami laporkan bahwa sepanjang bulan inklusi keuangan ini tercatat adanya pembukaan rekening baru selama Oktober saja di seluruh industri jasa keuangan yaitu sebesar 3.546.477 rekening," ujarnya di JCC, Senayan, Jakarta, Senin (31/10/2016).
 
Dirinya merinci, pembukaan rekening meliputi dana pihak ketiga 3.388.267 rekening, polis asuransi 12.482, rekening investasi pada pasar modal 14.880, rekening pada Dana Pensiun 665, rekening pembiayaan 14.321 rekening, serta rekening tabungan emas sebanyak 115.862 rekening.
 
Baca: Agustus 2016, Jumlah Rekening Simpanan Dijamin LPS Naik 1,17%
 
Saat ini, OJK bersama beberapa Kementerian dan industri jasa keuangan telah melakukan beberapa inisiatif untu akses keuangan kepada sektor keuangan formal, khususnya masyarakat yang berpenghasilan rendah dan berdomisili di daerah daerah yang dijangkau oleh Lembaga Jasa Keuangan.
 
Dalam acara "Ayo Menabung" ini, juga dikampanyekan Simpanan Mahasiswa dan Pemuda (SiMuda) sebagai branding dari produk tabungan yang telah dimiliki oleh pihak perbankan, dengan segmen mahasiswa dan pemuda. Melalui Kampanye "Ayo Menabung" juga didorong agar seluruh siswa/siswi pelajar di Indonesia dapat mempunyai tabungan Simpanan Pelajar (SimPel/Simpel IB).
 
(AHL)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif