Illustrasi. ANTARA FOTO/Fikri Yusuf.
Illustrasi. ANTARA FOTO/Fikri Yusuf.

Kemenko Maritim Terus Gaet 29 Juta Wisman di 2019

Ekonomi kemenko maritim
Husen Miftahudin • 26 April 2016 21:06
medcom.id, Jakarta: Kementerian Koordinator bidang Kemaritiman terus mendampingi pengembangan 10 destinasi wisata baru di Indonesia. Pendampingan ini dilakukan untuk menggapai target 20 juta wisatawan mancanegara (wisman) pada 2019.
 
Tenaga Ahli Bidang Regional Development Kemenko Maritim Bambang Susanto Priyohadi menjelaskan sudah terjadi pengembangan destinasi wisata baru tersebut. Destinasi itu diantaranya adalah Danau Toba, Tanjung Klayang-Bangka Belitung, Tanjung Lesung-Banten, Teluk Jakarta, Candi Borobudur, Lombok, Labuan Bajo, Wakatobi, Morotai, dan Bromo.
 
"Dari 10 kegiatan ini diharapkan pada 2019 mampu daya tarik sehingga jumlah wisatawan bertambah jadi 20 juta. Ini target kami," ujar Bambang di kantornya, Jakarta Pusat, Selasa (26/4/2016).
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia mengklaim, pengembangan destinasi wisata baru itu cukup membuahkan hasil yang menggembirakan. Bahkan hingga kini, sudah terdapat sebanyak 11 juta kunjungan wisatawan mancanegara.
 
Kemajuan pengembangan terjadi di Danau Toba. Di sana sudah terdapat Bandara Silangit yang telah memiliki penerbangan langsung (direct flight) dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Kemudian, sudah ada investasi hotel dengan kapasitas 1.000 kamar yang akan membuat perputaran ekonomi akan semakin baik.
 
"Raperpres (Danau Toba) sudah ada di Sekretariat Negara, kami menunggu tandatangan Bapak Presiden," ungkapnya.
 
Kendati begitu, ia tidak memungkiri masih terdapat kendala seperti lingkungan air bersih di kawasan tersebut.
 
"Sekarang fokus kami pengembangan perbaikan lingkungan air di kawasan Danau Toba. Kami terus melakukan pengawasan," pungkas Bambang.

 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif