"Implikasinya, tidak hanya kinerja keuangan perusahaan yang meningkat, tetapi produktivitas pegawai dan indeks kepuasan pegawai juga mengalami peningkatan," kata Hamied ketika berbicara pada acara Great People Development Program (GPDP) PT Telkom Indonesia, seperti dikutip dari Antara, Minggu (25/9/2016).
Hamied Wijaya diundang menjadi pembicara utama dengan tema "Managing People and Change" karena dinilai telah berhasil menjalankan program transformasi di bidang organisasi dan SDM di Pelindo 1.
Ia menjelaskan, dalam proses transformasi ada tiga hal yang harus dilakukan, yaitu pertama melaksanakan pekerjaan dengan lebih baik, tepat, cepat dan efisien. Kedua fokus pada bisnis model, serta ketiga mengubah strategi bisnis perusahaan.
Untuk menjamin keberhasilan proses transformasi itu, menurut dia, diperlukan leader/SDM yang memiliki karakter kepemimpinan yang mampu menjalankan peran dan fungsinya sebagai pemberdaya, perintis, penyelaras, serta panutan.
"Beberapa transformasi pengelolaan SDM di Pelindo 1 telah dilakukan yaitu adanya automatisasi proses administrasi SDM, pengelolaan SDM berbasis kinerja dan menciptakan lingkungan kerja yang kondusif," ujar Hamied.
Kemudian, penguatan kedisiplinan pegawai, internalisasi dan implementasi nilai-nilai budaya perusahaan yang membawa perbaikan pada proses bisnis layanan, serta pembentukan change agent di masing-masing unit kerja.
"Transformasi organisasi dan pengelolaan SDM di Pelindo 1 dimulai sejak 2014, serta telah memberikan dampak positif secara langsung pada peningkatan produktivitas pegawai. Dan peningkatan pada indeks kepuasan pegawai, menjadi 3,63 di 2015 (skala 5) dibanding 2014 sebesar 3,4," kata Hamied.
Pelaksana Harian Humas Pelindo 1 Rafika Aulia menambahkan, program tranformasi Pelindo 1 itu akan terus dilakukan secara konsisten.
"Pelindo 1 akan terus melakukan perbaikan dan meningkatkan kinerja di semua aspek perusahaan," jelas Rafika.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News