Gelaran Electric Jakarta Marathon 2019. Foto: Istimewa.
Gelaran Electric Jakarta Marathon 2019. Foto: Istimewa.

Electric Jakarta Marathon Diharapkan Dongkrak Kunjungan Wisman

Ekonomi wisatawan maraton
Eko Nordiansyah • 27 Oktober 2019 21:15
Jakarta: Electric Jakarta Marathon 2019 sukses digelar pada Minggu, 27 Oktober 2019. Sejak tahun lalu, gelaran Jakarta Marathon (Jakmar) didukung oleh Perusahaan Listrik Negara (PLN) sebagai sponsor utama bertajuk Energi Optimisme.
 
Tahun ini, tercatat kesertaan 1.421 pelari yang berasal dari 45 negara. Antara lain dari Malaysia, India, Amerika Serikat, Perancis, Belanda, Italia, Korea Selatan, Singapura, dan Jepang.
 
"Ini sinyal yang baik untuk pengembangan industri wisata olahraga di Indonesia. Ketika sebuah gelaran selalu mewakili sebuah kota. Makanya bagi kami, event ini selalu memberikan sejumlah tantangan. Dan kami bangga, event ini sudah berjalan sampai tahun ke-7 secara konsisten," kata CEO Inspiro, Ndang Mawardi melalui keterangan resminya.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kepala Dinas Pariwisata DKI Jakarta Edy Juanedi mengatakan, Jakarta Marathon bisa menjadi sport tourism yang meningkatkan pariwisata Jakarta. Menurutnya, event ini merupakan wujud nyata keseriusan Jakarta menjadi pusat pariwisata.
 
Melalui event sport tourism seperti Jakarta Marathon ini, diharapkan target kunjungan tiga juta wisatawan mancanegara ke DKI pada tahun 2019 ini dapat tercapai, dan target sektor pariwisata menyumbang Rp 6,2 triliun dari total Pendapatan Asli Daerah (PAD) pun dapat terealisasi.
 
Dengan predikat IAAF Road Race Silver Label, Jakarta Marathon bisa menjadi media branding terbaik pariwisata Jakarta, karena pelari-pelari terbaik dunia akan semakin banyak lagi yang datang berkompetisi.
 
Sementara itu, brand ambassador PLN, Sha Ine Febrianti mengatakan, pesan yang ingin disampaikan oleh PLN melalui event ini adalah, PLN siap untuk menyiapkan daya yang besar bagi masyarakat Indonesia. Dengan daya yang ada itu, bagaimana kita dapat mengoptimalkan kreativitas dan produktivitas.
 
"Jika dulu hastag PLN adalah #hemat energy, sekarang dengan pesan #energi optimisme ini, kita dipacu untuk menjadi lebih produktif karena pasokan listrik sudah tersedia berapapun yang dibutuhkan, termasuk pasokan listrik yang berasal dari energi terbarukan," jelasnya.
 
Selain itu, kiprah PLN sejak 2018 lalu dalam ajang Marathon berskala International ini, adalah juga sebagai upaya mendorong masyarakat Indonesia menuju eco lifestyle dan menumbuh kembangkan sportourism Indonesia menjadi destinasi utama wisatawan mancanegara.
 
Ine yang juga pecinta alam, mengaku tidak ingin udara di dunia ini penuh dengan polusi udara. Karena itu ia mendukung program-program pengenalan alat-alat listrik yang penggeraknya berasal dari energi listrik, sepeti skuter listrik, motor listik, dan mobil listrik yang ramah lingkungan.
 
"Itu sebabnya menjadi tantangan bagi saya selaku ‘brand ambassador PLN,’ bagaimana caranya supaya alam yang kita sayangi ini, bebas dari polusi udara. PLN pasti akan membantu supaya bumi kita tetap lestari, antara lain melalui pengembangan Energi Baru dan Terbarukan (EBT)," ujarnya.
 

(EKO)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif