Illustrasi. MI/RAMDANI.
Illustrasi. MI/RAMDANI.

Alasan Tiket Pesawat Murah di Selasa, Kamis, Sabtu

Ekonomi Tarif Tiket Pesawat
Desi Angriani • 10 Juli 2019 17:57
Jakarta: Masyarakat dapat menikmati tiket pesawat murah hingga diskon 50 persen pada Selasa, Kamis, dan Sabtu. Ketentuan itu merujuk pada kemampuan maskapai berbiaya murah atau low cost carrier (LCC) dalam memberikan potongan harga.
 
Pengamat penerbangan Arista Atmadjati mengatakan penurunan harga tiket pesawat LCC setiap Selasa, Kamis dan Sabtu pukul 10.00-14.00 WIB lantaran masuk zona low demand atau permintaan rendah. Waktu dan jam tersebut dinilai kurang diminati penumpang.
 
"Penurunan tarif kan pada hari tertentu dan jamnya antara jam 10.00 WIB pagi dan 14.00 WIB siang itu sangat low demand," ujar Arista saat dihubungi Medcom.id di Jakarta, Rabu, 10 Juli 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurutnya, Citilink dan Lion Air sebagai maskapai LCC akan memberikan potongan harga pada rute-rute tidak favorit di luar Jawa. Sebab, jumlah penumpang pada rute tersebut tercatat begitu kecil. Dengan kata lain, maskapai memanfaatkan minimnya penjualan tiket ke daerah tertentu dengan memberikan potongan diskon.
 
"Yang banyak turun kan di luar Jawa," ungkap dia.
 
Meski demikian, pemerintah dianggap sudah melakukan intervensi terhadap maskapai demi memberikan tipet pesawat murah ke masyarakat. Namun intervensi tersebut tak memiliki landasan hukum karena pemerintah hanya berwenang mengatur tarif batas atas dan tarif batas bawah.
 
Oleh karena itu, kesepakatan penurunan harga juga mesti dibarengi dengan pemberian insentif pajak, navigasi hingga operator bandara. "Regulator kita terlalu ikut campur, di luar negeri engga ada yang begini," ungkap dia.
 
Sementara itu, Direktur Utama PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin menilai penurunan tarif tiket pesawat berbiaya murah di jam- jam sepi akan mendorong utilitas bandara. Peningkatan utilitas ini akan menambal sharing cost atau beban bersama antara AP I, AP II, Airnav, Pertamina dan maskapai LCC di Tanah Air.
 
"Ini adalah peningkatan utilisasi yang di satu sisi akan mengkompensasi sharing cost yang kita berikan," ungkapnya dalam jumpa pers pada Senin, 1 Juli 2019.
 
Ia meyakini kebijakan penurunan harga tiket tak akan membebani maskapai lantaran mengambil jam dan waktu sepi penumpang. Di samping itu, sharing cost antarstake holder juga mencakup penyediaan bahan bakar avtur hingga operator.
 
"LCC mengambil peran besar di low hours. Kalau sebelumnya keterlibatan pihaknya terbatas antara maskapai dan bandara," tambah dia.
 
Adapun penerbangan murah diputuskan untuk jadwal keberangkatan Selasa, Kamis, dan Sabtu mulai pukul 10.00-14.00 WIB bagi maskapai LCC domestik dengan tipe pesawat jet. Alokasi kursi pun hanya 30 persen dari total kapasitas pesawat tersebut.
 
Citilink menyediakan 62 penerbangan per hari (Selasa, Kamis, dan Sabtu) dengan total 3.348 seat. Sementara Lion Air Group menyediakan 146 flight per hari (Selasa, Kamis, dan Sabtu) dengan total 8.278 seat.
 
Berdasarkan harga tiket yang terpampang di aplikasi penyedia jasa penjualan tiket transportasi online hari ini, tarif maskapai berbiaya murah masih berada di harga normal untuk penerbangan Kamis, 11 Juli dan, Sabtu 13 Juli, pada rentang waktu 10.00-14.00 WIB.
 
Maskapai Lion Air masih menerapkan harga tiket Jakarta-Medan sebesar Rp1,5 juta, Jakarta Surabaya Rp967 ribu, Jakarta-Padang Rp1,1 juta, Jakarta-Makassar Rp1,4 juta dan Jakarta-Bali Rp1,1 juta. Citilink juga menjual tiket dengan harga Rp997 ribu untuk rute Jakarta-Surabaya, dan Jakarta-Bali dengan harga Rp1,2 juta.
 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif