Ilustrasi pekerja (Foto:MI/Pius Erlangga)
Ilustrasi pekerja (Foto:MI/Pius Erlangga)

Ribuan Perusahaan Telah Terapkan Sistem K3

Ekonomi berita kemenaker
Gervin Nathaniel Purba • 11 Juli 2019 13:28
Jakarta: Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) mencatat hingga saat ini sekitar 7 ribu perusahaan telah menerapkan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3). Mayoritas yang menerapkannya merupakan perusahaan besar.
 
SMK3 merupakan bagian dari sistem manajemen perusahaan secara keseluruhan dalam rangka pengendalian risiko yang berkaitan dengan kegiatan kerja. SMK3 berguna untuk terciptanya tempat kerja yang aman, efisien, dan produktif.
 
"Jadi, kebanyakan perusahaan besar dan mapan yang sudah melakukan penerapan SMK3," ujar Direktur Jenderal Pembinaan dan Pengawasan Ketenagakerjaan dan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (PPK K3) Kemenaker Sugeng Priyanto, ditemui di Menara Peninsula, Jakarta Barat, Kamis, 11 Juli 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sebaliknya, perusahaan menengah ke bawah banyak yang belum menerapkan SMK3. Kondisi ini membuat Kemenaker makin giat untuk mengampanyekan pentingnya pengaturan keselamatan dan kesehatan kerja (K3).
 
"Kemenaker tidak hentinya untuk selalu mengampanyekan agar budaya K3 menjadi bagian dari sisi kehidupan kita," ujar Sugeng.
 
Sugeng menjelaskan, SMK3 merupakan standar penerapan K3 yang wajib dipatuhi perusahaan. Sebab, setiap perusahaan memiliki masing-masing standar pengamanan.
 
"Perusahaan besar dan perusahaan kecil pasti beda standarnya," kata Sugeng.
 
Walau begitu, kepatuhan perusahaan yang menerapkan SMK3 terus meningkat dibandingkan perusahaan yang melanggar.
 

(ROS)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif