Ilustrasi. (FOTO: dok MI)
Ilustrasi. (FOTO: dok MI)

Lebaran, BTN Siapkan Rp14,58 Triliun

Ekonomi btn penukaran uang
Ade Hapsari Lestarini • 22 Mei 2019 19:51
Jakarta:PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk menyiapkan dana sebesar Rp14,58 triliun untuk menjamin tercukupinya kebutuhan dana tunai bagi nasabah menjelang dan sesudah Hari Raya Idulfitri 1440 H. Dana tersebut disiapkan untuk periode 11 hari yang dimulai dari 30 Mei 2019 hingga 9 Juni 2019.
 
BTN akan mengalokasikan Rp4,37 triliun atau 30 persen dari persiapan dana tersebut di 2.126 ATM perseroan yang tersebar di seluruh Indonesia. Sementara 70 persen dana yang disiapkan atau sebanyak Rp10,21 triliun akan dianggarkan untuk kas kantor cabang, kantor cabang pembantu, dan kantor kas.
 
Adapun jumlah kantor cabang BTN termasuk kantor cabang konvensional, syariah, dan payment point syariah dan konvensional sebanyak 3.941 outlet.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Besaran peningkatan likuiditas di kantor cabang, rata-rata meningkat 1,40 kali dari maksimal likuiditas masing-masing kantor cabang," kata Direktur Utama BTN Maryono, dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Rabu, 22 Mei 2019.
 
Maryono menambahkan BTN tetap memberikan layanan selama cuti besama menjelang dan sesudah Lebaran terhitung mulai 3-9 Juni 2019. Namun demikian beberapa kantor cabang akan melayani secara terbatas selama libur Lebaran tersebut.
 
Dia mengatakan untuk memudahkan transaksi, masyarakat diharapkan mengoptimalkan BTN Digital Solutions lewat layanan mobile banking dan internet banking serta aplikasi LinkAja untuk bertransaksi. BTN juga memberikan layanan perbankan dengan mobil kas keliling atau MKK di sejumlah wilayah di Indonesia.
 
Layanan Mudik Gratis
 
Di sisi lain BTN mendukung sinergi BUMN untuk melakukan kegiatan sosial dalam rangka BUMN Hadir untuk Negeri. Salah satu program tetap di bulan Ramadan ini adalah mudik dan safari Ramadan di sejumlah daerah. Khusus untuk Mudik Bareng, BTN telah membuka pendaftaran peserta sejak 1 Mei lalu hingga 30 Mei 2019. Syarat yang diajukan cukup mudah, yakni dengan membuka rekening BTN (untuk keperluan asuransi) dan KTP.
 
Namun, per 13 mei 2019 sudah terpenuhi kuotanya sebanyak 2.500 peserta. Jumlah peserta mudik bareng BTN tersebut telah meningkat 66 persen dibandingkan tahun lalu yang hanya 1.500 peserta.
 
"Animo pemudik yang mendaftar lewat BTN sangat tinggi, sehingga hanya dalam sepekan kami sudah dapat mencatat sekitar 2.500 pemudik. Mayoritas pemudik adalah para karyawan atau pekerja dari mitra pengembang properti yang berhubungan baik dengan BTN," kata Maryono.
 
Perseroanmemberangkatkan pemudik lewat jalur darat dan laut. Untuk jalur darat terbagi tiga jalur, yaitu Solo via jalur Selatan (Jakarta-Bandung, Garut, Tasikmalaya, Ciamis, Purwokerto, Kebumen, Yogyakarta, Solo), dan Solo via jalur utara (Jakarta-Cirebon, Tegal, Pekalongan-Semarang-Salatiga-Solo), serta Surabaya via jalur utara (Jakarta-Cirebon-Tegal-Pekalongan, Semarang-Kudus-Pati-Rembang-Tuban-Lamongan-Gresik-Surabaya).
 
Sementarajalur darat, BTN menyiapkan 40 bus eksekutif berkapasitas masing-masing 38 orang. Sementara itu untuk jalur laut, BTN menyiapkan dua kapal yang akan berlayar ke Makassar dan Surabaya. Peserta yang melewati jalur laut sebanyak 1.000 orang. Setiap peserta mudik bareng BTN mendapatkan asuransi perjalanan, kaos, sajadah, dan konsumsi selama perjalanan.
 
Keterlibatan BTN dalam acara mudik bareng sudah berlangsung delapan kali. Mudik bareng rutin diselenggarakan sebagai bentuk kepedulian BTN terhadap masyarakat untuk mudik. "BTN sudah menggelar acara mudik bareng sebanyak delapan kali dalam delapan tahun terakhir, ini merupakan bagian dari tanggung jawab sosial kami sebagai BUMN, kami menilai mudik yang merupakan salah satu budaya masyarakat Indonesia menumbuhkan nilai kebersamaan, kekeluargaan dan bentuk rasa syukur kepada orangtua atau keluarga di Hari Raya Idulfitri sehingga senantiasa kami dukung," pungkas Maryono.
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif