Transformasi digital di masyarakat. Foto : AFP.
Transformasi digital di masyarakat. Foto : AFP.

Bidik Milenial, Perusahaan Asuransi Transformasi Digital

Ekonomi transformasi digital asuransi umum
Arif Wicaksono • 24 November 2019 11:06
Jakarta: Era revolusi digital mendorong perusahaan untuk berinovasi dengan membidik konsumen dengan mengembangkan bisnis digital. Transformasi bisnis menjadi lebih digital ini untuk meraih segmen millenials kelas menengah yang menginginkan pelayanan serba cepat dan dapat dilakukan secara online.
 
Menurut International Data Corporation (IDC) pada 2018, dua pertiga dari 2.000 perusahaan berskala global menyatakan untuk merubah strategi bisnis di 2019, dari konvensional menjadi modern digital untuk meningkatkan pengalaman nasabah, dimana 34 persen perusahaan tersebut percaya akan sepenuhnya mengadopsi transformasi digital dalam kurun waktu 12 bulan.
 
Nasabah juga menginginkan informasi yang jelas dan transparan serta interaksi yang mudah dan lancar dengan perusahaan asuransi. Saat pengajuan klaim, mereka berharap perusahaan asuransi dapat membantu mereka mengurangi beban finansial dan rasa cemas mereka, bukan justru menambahkannya.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Melihat tren ini, Chief Digital Officer Allianz Life Indonesia Mike Sutton mengatakan Allianz Indonesia telah melakukan transformasi digital serta menghadirkan rangkaian inovasi digital untuk bertahan di era disrupsi digital serta menjawab kebutuhan konsumen yang dinamis dan digitally-connected.
 
"Kami percaya bahwa transformasi digital yang berfokus pada customer centricity dapat memberikan pengalaman terbaik bagi nasabah. Aspirasi ini didukung oleh penyediaan platform dan integrasi yang berkelanjutan untuk mampu menghadirkan fitur dan fungsi baru yang lebih cepat dan aman bagi nasabah. Dengan transformasi ini, Allianz Indonesia berupaya untuk menjadi mitra yang lebih terpercaya dan inovatif bagi nasabah kami," ungkap Mike dalam keterangan tertulisnya, Minggu, 24 November 2019.
 
Dia menjelaskan bahwa Allianz Indonesia secara konsisten terus menghadirkan rangkaian inovasi produk dan layanan yang berfokus pada customer centricity dengan mengedepankan digital customer experience.
Dimulai dari peluncuran Allianz Discover pada Februari 2019 lalu, yakni aplikasi digital untuk tenaga pemasar asuransi jiwa dan kesehatan (digital sales tools) yang memungkinkan calon nasabah secara interaktif menentukan perlindungan sesuai kebutuhan.
 
Dilanjutkan pada Mei 2019, BukaProteksi hadir di tengah masyarakat sebagai produk Asuransi kesehatan pertama yang memberikan pengalaman digital (digital experience) terbaik melalui aplikasi marketplace Bukalapak.
 
Hingga Oktober 2019, Allianz telah menjalankan proses panjang untuk bertransformasi dalam menjalankan bisnisnya kepada nasabah. "Kami sepenuhnya menjalankan proses fully-automation di dua proses utama kami yakni proses pendaftaran nasabah baru dan proses klaim," tambahnya.
 
Dimulai dari proses permohonan asuransi jiwa melalui Allianz Discover dan banking sales tools, hingga self-servicing tools untuk nasabah (eAZy Connect) dan mitra bisnis (Agency Connect dan Banca Connect). Selain itu, fullyautomation juga kami terapkan untuk proses klaim asuransi kesehatan yang mencakup pengajuan online melalui aplikasi eAZy Claim.
 
"Seluruh transformasi serta inovasi digital yang kami lakukan merupakan upaya kami untuk menjadi perusahaan asuransi berbasis digital nomor satu di Indonesia. Kami memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk memiliki perlindungan asuransi hanya dalam hitungan menit, dimana sebelumnya proses ini dapat memakan waktu hingga hitungan hari," tambah Mike.
 
Per September 2019, proses automasi digital yang telah dijalankan selama sepanjang tahun 2019 menunjukkan hasil positif. Pengajuan asuransi jiwa secara online melalui jalur distribusi offline, yakni agen telah mencapai 88 persen dan bancassurance yang mencapai lebih dari 60 persen.
 
"Selain itu, e-policy yang kami terbitkan sudah mencapai lebih dari 40 persen dari seluruh polis baru yang kami terbitkan, dan komunikasi digital yang kami lakukan ke nasabah (mengirimkan pernyataan transaksi, billing reminder, dll) telah mencapai hingga 87 persen, hal ini mendukung ambisi kami untuk mengurangi penggunaan kertas," jelasnya.
 
Di proses klaim, untuk pengajuan klaim asuransi kesehatan secara online, sebanyak 95 persen klaim berhasil kami bayarkan dalam waktu 2x24 jam sepanjang 2019. Pencapaian ini mengukuhkan komitmen kami untuk memberikan pelayanan yang inovatif, cepat dan terpercaya kepada nasabah.
 
"Ke depannya, kami akan terus menggandeng teknologi dalam memberikan perlindungan ke lebih banyak masyarakat dengan cara yang semudah dan senyaman mungkin," jelas dia.
 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif