Direktur Utama Pelindo II Elvyn G Masassya (FOTO: Medcom.id/Ilham Wibowo)
Direktur Utama Pelindo II Elvyn G Masassya (FOTO: Medcom.id/Ilham Wibowo)

Pelindo II Siap Tampung Lonjakan Pemudik Jalur Laut

Ekonomi pelindo
Ilham wibowo • 17 Mei 2019 06:15
Jakarta: Arus mudik pada tahun ini diperkirakan terjadi peralihan moda transportasi lantaran mencari alternatif ongkos yang lebih murah. Jalur laut diprediksi menjadi pilihan utama setelah jalur darat.
 
Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II (Persero)/IPC Elvyn G Masassya mengatakan adanya peningkatan jumlah penumpang pada saat momentum mudik Lebaran tersebut akan disambut dengan persiapan matang. Sejumlah dermaga di berbagai pelabuhan telah dibenahi untuk mengakomodasi penambahan akses kapal.
 
"Saya yakin kelihatannya tahun ini jumlah penumpang akan meningkat karena Lebaran ini banyak yang lebih suka lewat laut daripada lewat udara karena berbagai faktor," kata Elvyn saat acara buka puasa bersama wartawan di Hotel Doubletree Jakarta Pusat, Kamis, 16 Mei 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Perseroan mencatat sepanjang 2018 terjadi peningkatan arus penumpang sebesar 714,9 ribu orang dari tahun sebelumnya. Sebanyak 612,7 ribu orang di antaranya berasal dari arus mudik Lebaran.
 
"Kelihatannya laut lebih disukai pada Lebaran tahun ini dan mungkin juga darat," ucapnya.
 
Elvyn juga memastikan semua pelabuhan yang dikelola IPC siap menyambut kedatangan dan keberangkatan kapal yang ditumpangi para pemudik. Khusus di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta IPC memberikan fasilitas mudik gratis untuk 2.000 pemudik tujuan Batam dan Surabaya dengan kapal laut.
 
"Selain itu, kami memfasilitasi sekitar 22.000 pemudik tujuan Jawa dan Sumatera. Kami menyiapkan 406 bus berstandar pariwisata dengan tujuan beberapa kota utama di Jawa dan Sumatera. Mudik gratis bersama IPC Group 2019 juga memberikan layanan angkutan balik bagi pemudik yang hendak kembali ke Jakarta setelah berlebaran," paparnya.
 
Direktur Teknik IPC Dani Rusli Utama menambahkan guna meningkatkan pelayanan, perseroan juga telah mengujicoba penggunaan garbarata atau jembatan penumpang dari ruang tunggu ke kapal. Selama ini, penumpang di Pelabuhan Tanjung Priok masih harus menggunakan tangga manual.
 
"Kami sudah ujicoba minggu kemarin di KM Kelud dan itu berhasil. Diharapkan pelayanan terminal penumpang pada Lebaran kali ini sudah bisa menggunakan garbarata di Tanjung Priok," pungkasnya.
 

(ABD)
MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif