Illustrasi. MI/ARYA MANGGALA.
Illustrasi. MI/ARYA MANGGALA.

Penurunan Harga Tiket Pesawat Dinilai Setengah Hati

Ekonomi Tarif Tiket Pesawat
Desi Angriani • 09 Juli 2019 17:17
Jakarta: Penurunan harga tiket maskapai low cost carrier (LCC) sebesar 50 persen dari tarif batas atas dinilai setengah hati. Pasalnya, ketentuan itu hanya berlaku pada waktu dan jam tertentu.
 
Wakil Ketua Umum Asosiasi Travel Agent Indonesia (Astindo) Rudiana mengatakan tak semua penumpang dapat menikmati tiket pesawat murah lantaran jadwal keberangkatan tersebut sudah ditetapkan.
 
"Kalau orang bilang itu agak tanggung ya, maunya mereka kayak dulu lagi artinya belum bisa. Selasa, Kamis, dan Sabtu doang. Sabtu sih oke, kalau untuk kepergian mereka enggak bisa dipaksain," ujarnya saat dihubungi Medcom.id di Jakarta, Selasa, 9 Juli 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurutnya penurunan tarif tiket pesawat akan lebih baik diterapkan setiap hari tapi pada jam tertentu. Dengan begitu, masyarakat dapat menikmati kembali harga tiket pesawat LCC murah tanpa dijerat ketentuan waktu.
 
"Yang lebih bagus setiap hari ada tapi jamnya saja diberikan, tapi sebagai pemulai boleh saja ini jadi triggered," ungkapnya.
 
Rudi pun tetap mengapresiasi langkah pemerintah dalam menyediakan tiket pesawat murah. Hal ini, katanya, bisa mengembalikan angka penurunan penumpang pesawat dan geliat sektor pariwisata.
 
Diketahui, tingkat penghunian kamar (TPK) hotel yang jauh lebih rendah dibanding periode sama tahun lalu. TPK sepanjang Maret 2019 tercatat hanya mencapai 52,89 poin atau turun 4,21 poin dibanding Maret 2018.
 
"Apakah itu akan menjadi satu pijakan untuk kembali normal kan enggak. Kedua mungkin untuk memulai dari pada enggak ada. Kita akan lihat ke depan imbasnya bagaimana," pungkas dia.
 
Berdasarkan harga tiket yang terpampang di aplikasi penyedia jasa penjualan tiket transportasi hari ini, tarif maskapai berbiaya murah masih berada di harga normal untuk penerbangan Kamis, 11 Juli dan, Sabtu 13 Juli, pada rentang waktu 10.00-14.00 WIB.
 
Maskapai Lion Air masih menerapkan harga tiket Jakarta-Medan sebesar Rp1,5 juta, Jakarta Surabaya Rp967 ribu, Jakarta-Padang Rp1,1 juta, Jakarta-Makassar Rp1,4 juta dan Jakarta-Bali Rp1,1 juta. Citilink menjual tiket dengan harga Rp997 ribu untuk rute Jakarta-Surabaya, dan Jakarta-Bali dengan harga Rp1,2 juta.
 
Sementara, AirAsia juga belum menerapkan penurunan harga dengan rute Jakarta-Surabaya sebesar Rp735 ribu-Rp795 ribu, Jakarta-Yogyakarta Rp570 ribu, dan Jakarta-Bali Rp1,1 juta.
 
Adapun penerbangan murah ini disediakan hanya untuk jadwal keberangkatan Selasa, Kamis, dan Sabtu mulai pukul 10.00-14.00 WIB bagi maskapai LCC domestik dengan tipe pesawat jet. Alokasi kursi hanya 30 persen dari total kapasitas pesawat tersebut.
 
Citilink menyediakan 62 penerbangan per hari (Selasa, Kamis, dan Sabtu) dengan total 3.348 seat. Sementara Lion Air Group menyediakan 146 flight per hari (Selasa, Kamis, dan Sabtu) dengan total 8.278 seat.

 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif