Ilustrasi. Foto : MI/RAMDANI.
Ilustrasi. Foto : MI/RAMDANI.

Perum Perindo Ajak Masyarakat untuk Konsumsi Ikan

Ekonomi Perum Perindo
Eko Nordiansyah • 27 November 2019 19:31
Jakarta: Perum Perikanan Indonesia (Perum Perindo) mengajak masyarakat untuk mengonsumsi ikan. Program kampanye untuk peningkatan konsumsi ikan ini sejalan dengan program Kementerian Kelautan & Perikanan (KKP) dalam mengkampanyekan gerakan 'Ayo Makan Ikan'.
 
"Melalui kegiatan ini kami turut mengedukasi generasi muda untuk mengubah habit dengan menyukai produk perikanan Indonesia," kata Direktur Keuangan Perum Perindo Mukhamad Taufiq dalam keterangannya di Jakarta, Rabu, 27 November 2019.
 
Dalam rangka hari Ikan Nasional (Harkanas) 2019, Perum Perindo mengadakan rangkaian kegiatan melalui segmen pendidikan dan segmen peduli lingkungan. Pada segmen pendidikan, Perum Perindo merangkul para milenial untuk menjadi ambassador perikanan bernama Duta Perikanan 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Duta Perikanan ini kami ciptakan sebagai agent of change di kalangan milenial dalam membentuk perilaku budaya mengkonsumsi ikan. Duta ini nantinya akan bertugas mempengaruhi generasi muda lainnya untuk meningkatkan konsumsi ikan, karena merekalah yang akan mempresentasikan potret terbaik mengenai pengalamannya dengan produk-produk perikanan Indonesia," jelas dia.
 
Dari lini bisnis perdagangan Perum Perindo, produk perikanan yang diminati konsumsi lokal di Indonesia mulai dari ikan cakalang, cumi-cumi, kakap merah dan lainnya yang diolah dari hasil serapan nelayan Indonesia. Sedangkan, produk perikanan Indonesia yang paling diminati untuk konsumsi mancanegara antara lain tenggiri, gurita, layur, kerapu, angoli, red mullet, sotong dan lainnya.
 
Perum Perindo juga mengajak masyarakat di semua kalangan termasuk generasi muda untuk peduli lingkungan melalui kegiatan penukaran botol plastik bekas dengan ikan di segmen peduli lingkungan. Program peduli lingkungan ini telah diterapkan secara berkelanjutan sejak awal 2019.
 
"Kali ini kami melibatkan generasi muda sebagai agen perubahan untuk turut berkontribusi peduli terhadap lingkungan, apalagi produk kami ikan-ikan dari nelayan yang sampah botol plastik juga ikut mencemari laut bahkan dapat mengganggu aktivitas nelayan dalam menjaring ikan," ungkapnya.
 
"Duta Perikanan yang telah kami nobatkan pun selain berperan mengenalkan produk-produk Perikanan, juga sebagai agen perubahan untuk peduli kebersihan lingkungan," tambah dia.
 
Pada kesempatan yang sama, Perum Perindo merealisasikan program Bina Lingkungan dengan menyalurkan bantuan pendidikan kepada anak Nelayan dan pelaku usaha perikanan yang sedang melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Bantuan diberikan kepada sebelas mahasiswa perikanan program S1 dan S2 dari berbagai kampus di Jabodetabek dan Banten untuk biaya pendidikan kuliah hingga biaya penelitian yang diperlukan.
 
Rangkaian Harkanas 2019 ini merupakan sinergi Perum Perindo dengan Kementerian Kelautan & Perikanan untuk bersama–sama mewujudkan perikanan sebagai masa depan bangsa. Sebagai BUMN Perikanan, Perum Perindo juga bersinergi dengan beberapa perusahaan BUMN lainnya seperti BNI, Bank Mandiri dan Berdikari.

 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif