?GoJek Ganti Logo Demi Mendunia. (FOTO: Medcom.id/Ilham Wibowo)
?GoJek Ganti Logo Demi Mendunia. (FOTO: Medcom.id/Ilham Wibowo)

GoJek Ganti Logo Demi Mendunia

Ekonomi gojek
Ilham wibowo • 22 Juli 2019 12:52
Jakarta: Grup GoJek resmi mengganti tampilan logo setelah sembilan tahun menjalankan bisnis di Tanah Air. Perusahaan berbasis teknologi, penyedia layanan mobile on-demand dan pembayaran digital ini berencana terus meningkat level usaha hingga berskala global.
 
Founder dan CEO GoJek Grup Nadiem Makarim mengatakan logo baru tersebut melambangkan kekuatan ekosistem GoJek sekaligus apresiasi kepada pengguna dan mitra. Kehadiran logo yang dinamai sol ini diilhami oleh perjalanan GoJek yang telah berhasil menjadi platform teknologi terdepan di Asia Tenggara.
 
"Logo baru ini melambangkan alasan utama hadirnya GoJek yaitu memecahkan masalah melalui teknologi. Logo ini melambangkan satu tombol untuk semua," kata Nadiem di kantor GoJek, Pasaraya Gedung B Lantai 6, Jakarta Selatan, Senin, 22 Juli 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Logo baru GoJek yang dominan berbentuk lingkaran berwarna hijau ini juga dinilai mewakili ekosistem GoJek yang semakin solid dalam memberikan manfaat untuk semua. Menurut dia, GoJek akan terus berinovasi menghadirkan berbagai cara pintar mengatasi tantangan yang dihadapi dan terus memberikan dampak sosial dan ekonomi nyata bagi masyarakat sekaligus membangun posisi Indonesia sebagai hub teknologi di Asia Tenggara.
 
"Kami bangga dengan para mitra GoJek yang mampu berkembang bersama kemajuan teknologi, sehingga mereka bisa diandalkan oleh semua lapisan masyarakat kapan pun, di mana pun. Mereka berperan aktif dalam menggerakkan pertumbuhan ekonomi digital dengan membantu mempermudah hidup jutaan masyarakat setiap hari," ungkapnya.
 
Nadiem menambahkan perubahan logo juga dimaksudkan untuk mengakomodasi pemanfaatan teknologi agar universal dan tak hanya mengandalkan moda sepeda motor. Keputusan ini juga dianggap sebagai tonggak sejarah baru yang menandai evolusi GoJek dari layanan ride-hailing menjadi sebuah ekosistem terintegrasi yang menggerakkan orang, barang, dan uang.
 
"GoJek ini sudah terlalu banyak berubah, kami harus mewadahi berbagai macam service provider merchants, yang mungkin tidak hanya roda motor karena itu kami butuh simbol baru," ungkapnya.
 
Co-Founder GoJek Kevin Aluwi menuturkan pertumbuhan GoJek sangat pesat sejak aplikasi diluncurkan. Data sejak Juni 2016 hingga Juni 2019 menunjukkan jumlah transaksi yang diproses dalam platform kami melesat hingga 1.100 persen atau 12 kali lipat.
 
"Pertumbuhan signifikan ini didorong oleh peningkatan permintaan konsumen akan layanan terintegrasi dari GoJek," kata Kevin.
 
GoJek yang semula dimulai dengan 20 mitra pengemudi itu kini telah bermitra dengan lebih dari dua juta mitra pengemudi, 400 ribu mitra merchant,dan 60 ribu penyedia jasa di Asia Tenggara. GoJek, tambah Kevin, telah berevolusi dari sebuah call center menjadi sebuah ekosistem teknologi yang menawarkan cara pintar untuk mengurangi tantangan yang masyarakat hadapi dalam kehidupan sehari-hari.
 
"Kami mengoptimalisasi produk dan layanan, serta mempersonalisasi produk sesuai dengan preferensi tiap konsumen. Saat ini di ekosistem kami sudah terdapat tiga aplikasi super yang saling berkaitan untuk membantu konsumen, mitra dan merchant," ungkap Kevin.
 
Aplikasi GoJek pertama kali diluncurkan pada Januari 2015 untuk para pelanggan di Indonesia, dan sejak itu, telah berkembang menjadi platform mobile on-demand terbesar di Asia Tenggara. Berbagai layanan ditawarkan mulai dari transportasi dan pembayaran ke pesan-antar makanan, logistik, dan berbagai layanan on-demand lainnya. GoJek Group kini beroperasi di 204 kota di lima negara di Asia Tenggara.
 
Per Juni 2019, aplikasi dan ekosistem GoJek telah diunduh oleh lebih dari 155 juta pengguna, dengan lebih dari dua juta mitra pengemudi, serta hampir 400 ribu mitra merchants, dan lebih dari 60 ribu penyedia layanan di Asia Tenggara.
 

(AHL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif