Ilustrasi. FOTO: MI/Sumaryanto
Ilustrasi. FOTO: MI/Sumaryanto

Lion Air Klaim Data Penumpang Asal Indonesia Aman

Ekonomi lion air
Nia Deviyana • 20 September 2019 10:02
Jakarta: Lion Air Group memastikan data penumpang asal Indonesia aman. Sebelumnya, dilaporkan data penumpang Malindo Air dan beberapa penerbangan yang berada di bawah Lion Air Group bocor.  Hal tersebut sempat menimbulkan kepanikan karena data tersebut berisi informasi pribadi penumpang.
 
"Sehubungan dengan data penumpang di Indonesia sampai sekarang adalah aman. Jika ada bukti mengenai kebocoran data maka akan segera dilakukan langkah-langkah sesuai ketentuan,"  ujar Corporate Communications Strategic of Lion Air Group Danang Mandala Prihantoro, melalui keterangan resminya, Jumat, 20 September 2019.
 
Adapun mengenai Malindo Air, Lion Air Group sudah melaporkan kejadian tersebut ke pihak berwajib. Maskapai asal Malaysia ini mengatakan hal tersebut kemungkinan disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Untuk mengatasi masalah tersebut, Tim internal Malindo Air bersama penyedia layanan data eksternal, Amazon Web Services (AWS) dan GoQuo sebagai mitra e-commerce saat ini sedang menyelidiki atas hal tersebut.
 
"Operator Lion Air Group telah melakukan tindakan tepat dan cepat menurut Peraturan Nomor 20 tahun 2016 tentang Perlindungan Data Pribadi dalam Sistem Elektronik (Peraturan Perlindungan Data), dalam rangka memastikan bahwa data para tamu tidak terganggu," kata dia.
 
Lion Air Group juga menginformasikan bahwa tidak menyimpan secara detail mengenai pembayaran dari tamu atau penumpang ke dalam server. "Lion Group tidak mempunyai data-data terkait yang berhubungan pembayaran penumpang. Sehingga data yang tersebar bukan data pembayaran (finansial) dari penumpang," pungkasnya.
 
(ABD)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif