NEWSTICKER
UMKM. Foto : MI/Adam Dwi.
UMKM. Foto : MI/Adam Dwi.

Gubernur Aceh Minta Bank Aceh Syariah Optimalkan UMKM

Ekonomi perbankan syariah umkm aceh
Antara • 16 Februari 2020 12:00
Banda Aceh : Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah meminta manajemen Bank Aceh Syariah untuk mengoptimalkan pembiayaan untuk sektor usaha mikro kecil dan menengah atau UMKM dan usaha produktif lainnya.
 
“Pertumbuhan pembiayaan untuk sektor produktif di Bank Aceh terus mengalami pertumbuhan dan saya minta agar dapat mencapai 20 persen,” kata Nova Iriansyah di Banda Aceh, Minggu, 16 Februari 2020.
 
Pernyataan itu disampaikannya di sela-sela malam penganugerahan Sayembara Desain Gedung Kantor Pusat Bank Aceh Syariah yang berlangsung di Banda Aceh.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia menjelaskan sebagai bank milik Pemerintah Daerah, Bank Aceh Syariah memegang peranan penting untuk menurunkan angka kemiskinan dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi.
 
Peranan penting itu, katanya, dapat dilakukan dengan mengoptimalkan pembiayaan kepada pelaku usaha dan UMKM di Aceh yang tidak hanya meningkatkan pertumbuhan pembiayaan, tapi juga memberi dampak ekonomi kepada masyarakat dan pelaku usaha.
 
Ia juga mengatakan Bank Aceh Syariah juga dapat berkolaborasi dengan BUMD dengan memberikan pembiayaan pada sektor usaha yang ada sehingga kegiatan tersebut dapat berjalan secara berkelanjutan.
 
“Kami berharap target pembiayaan produktif yang harus disalurkan oleh bank Aceh harus dapat terealisasi dalam tahun ini,” katanya.
 
Ia menambahkan dana yang dialokasikan baik melalui APBN, APBA, APBK dan Desa merupakan dana stimulan dan Bank Aceh Syariah dapat berkolaborasi untuk meningkatkan pengembangan dari dana awal yang telah ada.
 
Direktur Utama Bank Aceh Syariah Haizir Sulaiman mengatakan untuk meningkatkan pembiayaan untuk UMKM pihaknya telah membentuk UKM center yang bertujuan memberikan pembiayaan kepada pelaku usaha yang ada di provinsi setempat.
 
“Kami terus berupaya meningkatkan pembiayaan kepada seluruh pelaku UMKM dan target kita melebihi dari yang telah disyaratkan oleh otoritas,” jelas dia.
 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif