Ilustrasi. (FOTO: MI/Sumaryanto)
Ilustrasi. (FOTO: MI/Sumaryanto)

Kemenhub Izinkan Lion Air Group Terapkan Biaya Bagasi

Ekonomi lion air kementerian perhubungan
Ilham wibowo • 08 Januari 2019 18:34
Jakarta: Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah menerima perubahan standar operasional prosedur (SOP) pelayanan dari maskapai penerbangan Lion Air Group terutama terkait biaya bagasi. Pelaporan ini sebagai persyaratan yang terlebih dahulu wajib terpenuhi.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Polana B Pramesti mengatakan pihaknya telah memberikan persetujuan perubahan SOP Pelayanan Penumpang Kelas Ekonomi Angkutan Udara Niaga Berjadwal Dalam Negeri PT Lion Mentari Airlines dan PT Wings Abadi.

Konsep Perubahan SOP Pelayanan Penumpang Kelas Ekonomi Angkutan Udara Niaga Berjadwal terkait penghapusan bagasi cuma-cuma (free baggage allowance/FBA) dengan menetapkan kebijakan bagasi berbayar dan penambahan prosedur bagasi prabayar (pre-paid baggage) telah disampaikan.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



Meski demikian, pihak Lion Air belum bisa melaksanakan perubahan tersebut yang rencananya dijadwalkan berlaku pada hari ini, Selasa, 8 Januari 2019. Tahapan sosialisasi perlu terlebih dahulu dilakukan secara masif agar diketahui masyarakat pengguna. "Setelah dua minggu sosialisasi, Lion dan Wings dapat kenakan biaya bagi bagasi tercatat," ucap Polana di Jakarta, Selasa, 8 Januari 2019.

Polana memaparkan ketentuan mengenai Bagasi Tercatat diatur dalam Pasal 22, Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 185 Tahun 2015 Tentang Standar Pelayanan Penumpang Kelas Ekonomi Angkutan Udara Niaga Berjadwal Dalam Negeri. Regulasi ini mengatur setiap maskapai dalam menentukan standar pelayanan memperhatikan kelompok pelayanan yang diterapkan masing-masing maskapai, termasuk kebijakan bagasi tercatat.

Pelayanan maskapai penerbangan terkait penanganan bagasi tercatat disesuaikan dengan kelompok pelayanannya.

"Berdasarkan kelompok pelayanannya, PT Lion Mentari Airlines dan PT Wings Abadi adalah kelompok pelayanan minimum (no frills), sehingga bagasi tercatat dapat dikenakan biaya dan hal tersebut harus dituangkan dalam SOP Pelayanan," ungkap Polana.

 


(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi