Singapura Terdepan Beri Bantuan
Presiden Jokowi (kanan) dan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong. Foto: Medcom.id/Ade Hapsari
Nusa Dua: Presiden Republik Indonesia Joko Widodo berterima kasih kepada Perdana Menteri Singapura, Lee Hsien Loong, atas pemberian bantuan korban gempa dan tsunami di Palu, Sulawesi Tengah. Singapura adalah negara pertama yang memberikan penawaran bantuan kepada Indonesia di saat musibah itu terjadi.

"Singapura adalah negara pertama yang tawarkan bantuan saat kondisi Palu dan Donggala terkena musibah gempa. Atas nama rakyat dan Pemerintah Indonesia saya sampaikan apresiasi dan terima kasih," kata Jokowi di Hotel Laguna, Nusa Dua, Bali, Kamis, 11 Oktober 2018.

Jokowi juga mengapresiasi solidaritas Singapura sebagai negara tetangga yang terdekat dengan Indonesia. Di sisi lain, Jokowi membeberkan pembicaraan tertutupnya dengan Lee Hsien Loong. Ia menuturkan kedua petinggi negara tersebut sangat memerhatikan kondisi ekonomi terkini. 

"Perdana Menteri Lee dan saya baru saja melakukan pertemuan annual leaders retreat di tengah ketidakpastian ekonomi global. Kerja sama ekonomi menjadi fokus kerja sama saya dan Perdana Menteri Lee," kata Jokowi.

Sejumlah penandatanganan pun dilakukan dua negara tersebut. Beberapa kerja sama yang ditandatangani adalah perlindungan investasi, kerja sama budaya, dan teknologi finansial.

Kedua negara juga menandatangani nota kesepakatan (MoU) untuk pengembangan industri 4.0, edukasi finansial teknologi, pengembangan sumber daya manusia untuk pegawai pemerintahan, dan sekolah pelayaran. MoU itu ditandatangani menteri dari kedua negara.





(Des)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id