NEWSTICKER
?Bank Sinarmas Buat Rekening Khusus Fintech. (FOTO: dok Bank Sinarmas)
?Bank Sinarmas Buat Rekening Khusus Fintech. (FOTO: dok Bank Sinarmas)

Bank Sinarmas Buat Rekening Khusus Fintech

Ekonomi bank sinarmas fintech
Eko Nordiansyah • 28 Februari 2019 19:33
Jakarta: PT Bank Sinarmas Tbk (BSIM) meluncurkan rekening dana khusus bagi perusahaan financial technology (fintech). Produk Rekening Dana P2P (RDP2P) yang sudah dikembangkan beberapa bulan belakangan ini memberikan manfaat kepada perusahaan fintech untuk kemudahan Iayanan kepada investor dan sinkronisasi dengan Virtual Account (VA).
 
Direktur Utama Bank Sinarmas Frenky Tirtowijoyo mengatakan perkembangan perusahaan fintech yang kian tumbuh pesat saat ini menjadi salah satu tren layanan keuangan era digital. Layanan keuangan digital yang cepat dan mudah menjadi pilihan bagi masyarakat dalam melakukan transaksi finansial saat ini.
 
"Kecepatan pelayanan transaksi finansial di era digital tidak bisa dilepaskan dari dukungan layanan pengenalan nasabah yang lebih baik dan cepat," kata Frenky dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Kamis, 28 Februari 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dirinya menjelaskan, layanan Know Your Customer (KYC) merupakan salah satu proses yang penting bagi industri perbankan untuk mengenal dan memberikan pelayanan kepada nasabah lebih baik dan sesuai. Untuk itu di era digital saat ini Iayanan KYC telah dikembangkan lebih cepat efisien dan mudah lewat e-KYC.
 
Frenky menambahkan kegiatan transaksi perusahaan Fintech juga menggunakan dan didukung layanan Virtual Account Bank Sinarmas untuk memberikan kemudahan baik untuk transaksi penempatan dana oleh investor maupun transaksi penyaluran dana ke peminjam.
 
Pada 2018, Bank sinarmas sudah melayani 3,9 juta transaksi Virtual Account, di mana 700 ribu transaksi adalah transaksi fintech. Menurut dia, kecepatan dan kemudahan transaksi lewat VA akan terus Bank Sinarmas tingkatkan untuk mendukung perusahaan fintech ke depannya.
 
"Saat ini sudah lebih dari 100 perusahaan yang menggunakan layanan VA Bank Sinarmas, dan sudah lima perusahaan fintech yang menggunakan VA dan RDP2P Bank Sinarmas yaitu, Modalku, Danamas, PinjamanGo, Telefin, dan Toko Modal. Dengan telah siapnya pelayanan VA dan RDP2P ini, digitalisasi Bank Sinarmas semakin terwujud," ungkapnya.
 
Bank Sinarmas bekerja sama dengan PT Asli Rancangan Indonesia (ASLI RI) sebagai perusahaan penyedia layanan verifikasi data biometrik untuk nasabah. Dengan demikian perusahaan fintech akan mendapatkan layanan e-KYC sehingga dapat mengenal baik nasabah, investor, maupun peminjam dengan lebih cepat, efisien, dan akurat.
 
Direktur Utama ASLI RI Irjen Pol (Purn) Arief Dharmawan mengemukakan kemampuan Biometric Matching System yang dimiliki perusahaannya sangat akurat dan cepat. Tak hanya itu, hal lain yang juga menjadi penting adalah data yang dimiliki sangat compatible dengan sumber database manapun juga.
 
"ASLI RI menyediakan system technology biometrik-nya, end-user harus tetap meminta izin kepada sang empunya data misalnya Kepolisian, BNN, BNPT, dan sebagainya, sesuai yang diperbolehkan di POJK, karena ASLI RI tidak mempunyai data dari lembaga mana pun," kata dia.
 

(AHL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif