Menteri BUMN Rini Soemarno (tengah) saat peresmian hunian TOD di 3 stasiun - - Foto: Medcom.id/ Annisa Ayu Artanti
Menteri BUMN Rini Soemarno (tengah) saat peresmian hunian TOD di 3 stasiun - - Foto: Medcom.id/ Annisa Ayu Artanti

BUMN Bangun Hunian TOD di 3 Stasiun

Ekonomi perumnas transit oriented development
Annisa ayu artanti • 10 Desember 2018 14:41
Tangerang: Sejumlah perusahaan BUMN kembali membangun hunian yang terintegrasi dengan transportasi massal kereta commuter line (Transit Oriented Development/TOD) di tiga stasiun arah Bumi Serpong Damai (BSD).
 
Perusahaan BUMN tersebut di antaranya Perum Perumnas di Stasiun Rawa Buntu, PT Hutama Karya di Stasiun Jurangmangu, dan PT Adhi Karya Tbk (ADHI) di Stasiun Cisauk.
 
Peresmian dilakukan oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, dan direksi perusahaan BUMN, serta Walikota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dalam acara itu, Rini mengatakan pembangunan hunian TOD juga merupakan sinergi antarkementerian dan pemerintah daerah. Melalui pembangunan ini, program satu juta rumah dapat terealisasi, dan mendorong penggunaan transportasi umum serta masalah minimnya terpecahkan.
 
"Ini tidak hanya sinergi BUMN, tapi juga sinergi kementerian, serta kepala daerah," ucap Rini di Stasiun Rawa Buntu, Tangerang, Senin 10 Desember 2018.
 
Rini menjelaskan pembangunan hunian tinggal vertikal ini nantinya akan berbentuk Rumah Susun Sederhana Milik (Rusunami) dan Apartemen Sederhana Milik (Hanami).
 
Di tempat yang sama, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan adanya hunian terintegrasi di tiga stasiun ini dapat menjadi solusi bagi kemacetan lalu lintas di area Jabodetabek.
 
"Kita tahu Jakarta macet. Banyak sekali kendaraan lalu lalang di Jakarta. Itu membuat pergerakan harian di Jabodetabek 47,5 juta perjalanannya tiap hari," beber Budi.
 
Sementara itu, Direktur Korporasi dan Pengembangan Bisnis Perumnas Galih Prahananto menyampaikan, setelah membangun hunian TOD serupa di Stasiun Tanjung Barat Jakarta dan Stasiun Pondok Cina Depok. Pembangunan hunian serupa akan terus digalakan pemerintah.
 
Konsep tersebut dipercaya mempermudah pekerja yang tinggal di daerah Tangerang berangkat dari dan ke tempat kerjanya dalam waktu yang relatif lebih singkat.
 
"Tujuan utama terintegrasi adalah memberikan kesemptaan bagi masyarakat untuk tinggal di suatu tempat mempermudah dari dan ke tujuannya. Mengurangi mobil dan motor sehingga waktru lebih singkat. Tanah abang ke sini 30 menit saja," tutup dia.
 

 

(Des)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif