Menko Maritim Luhut Pandjaitan. (FOTO: Medcom.id/Annisa Ayu)
Menko Maritim Luhut Pandjaitan. (FOTO: Medcom.id/Annisa Ayu)

Menko Luhut: Bakamla Itu Organisasi Banci

Ekonomi kemaritiman
Husen Miftahudin • 09 Mei 2019 15:12
Jakarta: Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan menyayangkan lemahnya peran Badan Keamanan Laut (Bakamla) dalam menjaga wilayah kelautan NKRI. Kondisi tersebut membuat banyak kapal asing yang masuk ke perairan Indonesia tanpa izin.
 
"Kita punya coast guard (penjaga pantai) tidak bagus. Coast guard kita seperti Bakamla itu organisasi banci," kesal Luhut dalam acara Forum Perencanaan Musrenbangnas 2019, di Hotel Shangri-La, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat, Kamis, 9 Mei 2019.
 
Menurut dia, lemahnya peran Bakamla dalam menjaga teritori RI lantaran kewenangannya masih tumpang tindih. Padahal para personel yang kebanyakan dari TNI/Polri, namun kewenangannya di bawah Ditjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan (Kemenhub).
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kenapa? Karena kewenangan coast guard kita ada di Kementerian Perhubungan di Ditjen Laut," ungkap Luhut.
 
Saat ini, kewenangan penjagaan laut ada di sejumlah lembaga seperti TNI, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Perhubungan, dan lain-lain. Padahal secara internasional, kewenangan menjaga keamanan laut biasanya ada di satu institusi atau lembaga.
 
Maka dari itu, Luhut akan menguatkan peran Bakamla. Salah satunya dengan melakukan harmonisasi perundang-undangan, sehingga kewenangan Bakamla tidak tumpang tindih.
 
"Jadi undang-undang yang Presiden perintahkan akan lakukan harmonisasi peraturan perundang-undangan, itu menurut saya sudah benar sekali. Jadi Presiden sudah perintahkan dalam enam bulan selesai harmonisasi peraturan," ungkap Luhut.
 
Dengan adanya harmonisasi perundang-undangan ini, Bakamla akan menjadi satu-satunya badan yang bertanggung jawab atas keamanan laut di samping TNI yang memang memiliki tugas sebagai perangkat pertahanan negara.
 
Dengan demikian, menurut Luhut, kedepannya, tugas pengawasan keamanan di laut yang melibatkan banyak instansi di bawah satuan tugas (satgas 115) tidak akan lagi ada.
 

(AHL)
MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif