Illustrasi. MI/RAMDANI.
Illustrasi. MI/RAMDANI.

LPS Tahan Tingkat Bunga Penjaminan

Ekonomi lps
Annisa ayu artanti • 13 Mei 2019 19:34
Jakarta: Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) memutuskan tidak mengubah tingkat bunga penjamin simpanan dalam rupiah dan valas di bank umum serta simpanan dalam rupiah di bank perkreditan rakyat (BPR). Tingkat bunga penjamin simpanan akan tetap selama empat bulan kedepan.
 
Ketua Dewan Komisioner LPS Halim Alamsyah menyebutkan tingkat bunga simpanan penjaminan rupiah di bank umum tetap tujuh persen dan di BPR sebesar sembilan persen. Sementara tingkat bunga pinjaman valas di bank umum tetap 2,25 persen.
 
"Rapat Dewan Komisioner (RDK) LPS menetapkan tingkat bunga penjaminan untuk simpanan dalam rupiah dan valuta asing di Bank umum dan rupiah di BPR tidak mengalami perubahan," kata Halim dalam konferensi pers di Kantor LPS, kawasan SCBD, Jakarta, Senin, 13 Mei 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dalam keputusan ini RDK LPS mempertimbangkan beberapa hal yaitu tren suku bunga simpanan perbankan terpantau sudah melandai dan berada di level yang stabil. Kondisi likuiditas relatif membaik namun masih terhadap beberapa risiko upside. Kemudian, kondisi stabilitas sistem keuangan (SSK) berada dalam kondisi stabil namun terdapat tantangan dari luar negeri.
 
"Mempertimbangkan bahwa pergerakan suku bunga simpanan di perbankan masih cukup dinamis serta masih terdapat beberapa risiko ketidakpastian terkait ekonomi dan likuiditas kedepan, maka LPS akan tetap melakukan pemantauan terhadap perkembangan data suku bunga simpanan perbankan dan melakukan evaluasi yang berkesinambungan," jelas dia.
 
Halim menjelaskan, tingkat bunga penjaminan tersebut berlaku untuk periode 15 Mei 2019 sampai dengan 25 September 2019.

 

(SAW)
MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif