Anggota Komisi XI Puteri Komarudin. Foto : DPR.
Anggota Komisi XI Puteri Komarudin. Foto : DPR.

BPR Jadi Penyalur Utama Pinjaman ke Rentenir

Ekonomi bank perkreditan rakyat (bpr)
Husen Miftahudin • 18 November 2019 19:29
Jakarta: Anggota Komisi XI Puteri Komarudin mengungkapkan tumbuh suburnya pinjaman mikro yang digunakan sebagai kedok untuk praktik rentenir. Bank Perkreditan Rakyat (BPR) pun turut menyumbang suburnya praktik pinjaman ilegal tersebut karena menjadi penyalur utama pinjaman ke rentenir.
 
Puteri dari mantan Ketua DPR Ade Komarudin ini melihat maraknya praktik rentenir berkedok penyalur pinjaman mikro di wilayah Jawa Barat seperti Bank Emok. Lembaga kredit mikro ini memberi pinjaman kepada ibu-ibu rumah tangga dengan bunga mencekik.
 
"BPR ternyata menjadi penyalur utama pinjaman mikro ini. Saya menganggap Bank Emok ini rentenir berkedok koperasi dengan bunga yang tinggi hingga 20 persen," kata Puteri saat rapat kerja dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Senin, 18 November 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Bank Emok banyak beroperasi di wilayah Bekasi dan Karawang. Penyalur pinjaman mikro ini memberikan persyaratan yang mudah lantaran target utamanya ibu rumah tangga. Dari penyelidikan Puteri, operasional Bank Emok ilegal karena kerap memalsukan tanda tangan sang suami. "Bahkan karena itu ada yang sampai diceraikan," tukasnya.
 
Dalam praktiknya, lanjut dia, Bank Emok sedikit memaksa. Salah satu skemanya dilakukan dengan memberikan kredit per kelompok usaha
 
"Setiap kelompok harus punya 10 anggota, semuanya harus punya usaha. Tapi ternyata hanya ada lima orang yang memiliki usaha dan lima orang lainnya dipaksa," ungkap Puteri.
 
Kondisi tersebut membuat kelima ibu-ibu yang tidak memiliki usaha itu meminjam utang untuk kebutuhan konsumtif. Sementara, pembayarannya harus tanggung renteng.
 
"Kalau ada yang tidak bisa bayar, orang yang lain harus bayar. Ini malah menurunkan taraf hidup mereka. Karena para pengusaha itu harus menutup lubang dari teman-temannya," pungkas Puteri.

 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif