Menteri Keuangan Sri Mulyani. Foto : MI/Susanto.
Menteri Keuangan Sri Mulyani. Foto : MI/Susanto.

Korupsi Bisa Hambat Reformasi Belanja Pemerintah

Ekonomi belanja negara
Eko Nordiansyah • 03 Desember 2019 15:22
Jakarta: Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyebut korupsi menjadi salah satu tantangan untuk reformasi belanja pemerintah. Menurutnya, perbaikan sistem saja tak cukup untuk menciptakan belanja yang tepat sasaran, efisien, dan tidak dikorupsi.
 
"Jangan cuma tidak korupsi, tapi salah desainnya. Jadi ini adalah tantangan yang lebih tinggi lagi reformasi belanja negara harus kita lakukan," kata dia di Kantor Pusat Direktorat Jenderal Pajak (DJP), Jakarta Selatan, Selasa, 3 Desember 2019.
 
Dirinya menambahkan saat ini masih banyak halangan untuk menciptakan birokrasi yang bersih dari korupsi. Apalagi banyak profesi makelar atau perantara yang menyebabkan sistem yang telah dibuat tidak efisien.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sri Mulyani menceritakan pencairan dana alokasi khusus (DAK) dari pemerintah kepada daerah tidak perlu melobi lewat pemerintah. Namun karena masih ada orang-orang yang memanfaatkan kesempatan itu, sistem yang dibuat menjadi sia-sia saja.
 
"Jadi even kalau kita sudah membuat sistem, masih ada orang yang mencoba menjadi perantara. Semuanya seharusnya tidak perlu harus datang. Tapi, di Indonesia itu banyak orang yang profesinya memang makelar. Jadi sistem pun nanti dimakelarin," jelas dia.
 
Untuk itu, Sri Mulyani minta jajarannya agar benar-benar mengawasi pelaksanaan sistem yang ada. Karena sebaik apapun sistem birokrasi dibuat bisa dikalahkan oleh gangguan dari pihak luar, sehingga dibutuhkan kerja keras dari semua pihak untuk mencegah korupsi.
 
"Kita juga ingin memperbaiki kualitas belanja kita, jadi ada gradasinya yang korupsi barbar, ada yang inefisiensi, ada yang salah alokasi. Itu juga semuanya dampaknya juga sama jeleknya Kepada Indonesia," pungkasnya.

 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif