Menko Maritim Luhut Pandjaitan. FOTO: Medcom.id/Annisa Ayu.
Menko Maritim Luhut Pandjaitan. FOTO: Medcom.id/Annisa Ayu.

Luhut Minta Penusukan Wiranto Tak Ditanggapi Berlebihan

Ekonomi luhut panjaitan Wiranto Diserang
Suci Sedya Utami • 11 Oktober 2019 14:09
Jakarta: Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan meminta agar kasus penusukan pada Menko Polhukam Wiranto tidak dibesar-besarkan, termasuk juga dampaknya pada ekonomi.
 
Luhut mengatakan ekonomi berjalan sangat dinamis karena terpengaruh banyak hal. Namun kasus terorisme dan radikalisme bukan menjadi faktor utama yang mengganggu ekonomi.
 
Menurutnya tidak ada negara yang bisa memastikan bebas dari serangan keamanan termasuk serangan kaum radikal atau teroris. Kendati demikian, ekonomi di negara tersebut tetap berjalan.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kadang-kadang membuat cerita itu menakut-nakuti. Di Inggris sistem keamanannya itu beberapa kali ledakan terus. Tapi enggak masalah. Jadi saya pikir, kita tidak usah melebih-lebihkan, bahwa saya sangat prihatin terhadap ini betul, tapi jangan dilebih-lebihkan," kata Luhut di Kemenko Kemaritiman, Jakarta, Jumat, 11 Oktober 2019.
 
Luhut mengatakan masalah tersebut bukan hanya terjadi di Indonesia, namun di banyak negara. Hanya saja ia berpesan agar tidak membuat Indonesia dipandang sebagai lame duck atau tak memiliki kuasa. Dia bilang Indonesia adalah negara yang hebat. Hal ini pun lanjut Luhut diakui oleh Presiden Bank Dunia Group David Malpass yang menyatakan ekonomi Indonesia masih tetap pruden di tengah gejolak dunia.
 
"Saya bertemu Presiden Bank Dunia yang baru. Mereka memuji Indonesia masih termasuk ekonomi yang dianggap cukup pruden. Jadi kita jangan membuat diri kita seperti lame duck, kita harus optimistis," tutur Luhut.
 
Lebih jauh Luhut mengakui memang Indonesia belum terbebas dari kelompok radikal atau teroris. Dia bilang jaringan teroris masih eksis berada di Indonesia.
 
"Bahwa kita punya masalah iya benar, negara mana yang enggak punya masalah? Enggak ada," jelas Luhut.
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif