Ilustrasi. FOTO: dok MI.
Ilustrasi. FOTO: dok MI.

Kampanye Peningkatan Kesadaran Berkendara Diapresiasi

Ekonomi kampanye berkendara hutama karya
Husen Miftahudin • 03 Januari 2020 18:20
Jakarta: Pengamat kebijakan publik Agus Pambagio mengapresiasi langkah PT Hutama Karya (Persero), pengembang, dan operator Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) dalam menggalakkan kampanye peningkatan kesadaran berkendara di jalan tol.
 
"Langkah kampanye ini harus terus-menerus dilakukan. Mengingat orang Indonesia susah untuk mau paham, terlebih Tol Sumatera ini baru," ujar Agus di Jakarta, Jumat, 3 Januari 2020.
 
Agus menambahkan, sepanjang ruas JTTS perlu dipasang peringatan-peringatan. Selain dipersuasi secara luring (offline), peran media massa dan media sosial penting untuk mengedukasi para pengendara.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kita lihat faktor pengemudi masih jadi penyebab utama. Orang membuat surat izin mengemudi (SIM) secara kolektif," ketusnya.
 
Sejak dibuka pada Juni 2018 hingga November 2019, telah terjadi beberapa kali kasus kecelakaan di ruas Jalan Tol Bakauheni-Simpang Pematang. Mayoritas kecelakaan diakibatkan karena kelalaian pengemudi yakni, kelelahan, mengantuk, dan tidak konsentrasi.
 
Kondisi tersebut membuat Hutama Karya meluncurkan kampanye bertajuk 'SETUJU' untuk meningkatkan kesadaran dan keselamatan dalam berkendara di JTTS. SETUJU merupakan akronim dari Selamat Sampai Tujuan.
 
"Melalui kampanye SETUJU, diharapkan pengendara yang melintas di JTTS akan lebih berhati-hati dan waspada," kata Direktur Utama Hutama Karya Bintang Perbowo.
 
Kampanye SETUJU membekali para pengemudi buku saku yang menjadi panduan pengemudi melewati JTTS. Buku saku ini berisikan informasi terkait fasilitas JTTS, peta tol, dan lokasi rest area yang tersedia di jalur tersebut.
 
Selain itu, buku saku tersebut juga berisikan konten menghilangkan penat, senam lima menit untuk menghilangkan kantuk, dan lain-lain. Informasi ini juga dilengkapi dengan cara memeriksa kendaraan yang penting dilakukan dalam berkendara jarak jauh.
 
Hingga saat ini Hutama Karya telah membangun 469,5 km JTTS, 179 km di antaranya sudah beroperasi penuh. Adapun ruas yang sudah beroperasi adalah Bakauheni-Terbanggi besar sepanjang 140 km, ruas Medan-Binjai yang beroperasi sebagian sepanjang 13 km, serta ruas Palembang-Indralaya sepanjang 22 km.
 
Sementara, ruas Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung sepanjang 189 km telah beroperasi fungsional dan akan segera beroperasi penuh dan berbayar pada 6 Januari 2020.
 
(AHL)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif